Berkah Bebas Bersuara Dan Hukum Di Indonesia | OPINI.id

Ada beberapa kejadian di dunia beberapa waktu terakhir yang mengingatkan saya terhadap betapa beruntungnya kita yang tinggal di Indonesia. Dimana kita masih bisa bersuara dan kita masih bisa mendapatkan pengadilan atas tuduhan terhadap kita.

Artis Terkenal Disekap

Belum lama ini warga Tiongkok dihebohkan oleh hilangnya artis papan atas Tiongkok Fan Bingbing. Setelah beberapa bulan hilang, Bingbing tampil dan cerita bahwa dirinya disekap oleh pemerintah Tiongkok. Alasannya karena dia tidak bayar pajak. Aneh rasanya kalau hanya karena tidak bayar pajak, sampai harus disekap berbulan-bulan. Asumsi saat ini mungkin ada hal lain yang pemerintah Tiongkok ingin Bingbing tidak bicarakan.

Hilangnya Presiden Interpol

Tidak hanya artis, orang sekelas presiden Interpol saja bisa hilang dan ternyata Meng Hongwei disekap juga oleh pemerintah Tiongkok. Alasan pemerintah Tiongkok karena Meng menerima sogokan. Tanpa bukti yang disajikan ke masyarakat dan tanpa peradilan, seorang presiden interpol bisa disekap begitu saja, sangat menakutkan.

Hilangnya Wartawan Arab Saudi

Kasus terakhir adalah hilangnya wartawan Arab Jamal Khashoggi. Kisahnya lebih tragis, menurut pemerintah Turki, Jamal dibunuh dan tubuhnya dipotong-potong di kedutaan Arab Saudi di Turki oleh orang-orang dari Arab Saudi yang diduga atas perintah pangeran Saudi. Kritik keras Jamal terhadap pemerintah Arab Saudi diprediksi jadi penyebab kematiannya.

Ingat Jaman Orde Baru

Ketiga kasus itu sebenarnya mengingatkan kita pada masa orde baru. Dimana sudah jadi rahasia umum seseorang bisa saja hilang dan tidak ditemukan lagi karena orang tersebut mengkritik atau melawan pemerintah.

Indonesia Sekarang

Untungnya saat ini Indonesia sudah berubah, kritik-kritik pedas dari lawan politik Presiden Jokowi seperti Fadli Zon atau Fahri Hamzah adalah sah selama tidak menyebarkan hoax. Tidak ada lagi orang yang hilang tiba-tiba karena mengkritik pemerintah seperti di Arab Saudi, Tiongkok atau Indonesia di masa lalu dan kita harus bersyukur.

Sumber

https://www.bbc.com/news/world-asia-china-45806904 https://edition.cnn.com/2018/10/16/middleeast/khashoggi-turkish-investigation-intl/index.html https://news.okezone.com/read/2018/05/04/337/1894287/5-daftar-aktivis-yang-diculik-di-era-orde-baru-nomor-1-hingga-3-belum-kembali

Komentar

Fresh