Faza Meonk Pencipta Karakter Si Juki | OPINI.id

Faza Meonk adalah pencipta karakter Si Juki. Kegelisahannya terhadap kurangnya karakter lokal yang populer di masyarakat memotivasinya untuk mengembangkan si Juki agar dikenal oleh masyarakat luas.

Suka Komik Dari Kecil

Pernah ketawa-ketiwi sendiri pas baca komik Si Juki? Kalau iya mungkin kamu penasaran pingin kenal ama komikusnya. Yup, siapa lagi kalau bukan Faza Meonk. Pemuda bernama asli Faza Ibnu Ubaydillah Salman inilah yang jadi pencipta tokoh jenaka dengan keseharian yang gak jauh beda ama kehidupan kita Faza Meonk sudah menggemari komik sejak kecil. Komik favoritnya waktu itu adalah Dragon Ball dan Doraemon. Dari hobinya itu, ia bercita-cita untuk jadi komikus saat masih SMP. Usai tamat bersekolah di SMK jurusan animasi, ia makin menekuni animasi dengan masuk universitas Bina Nusantara di jurusan yang sama. Disitu ia mulai membuat komik tentang kegiatan teman-temannya di kampus. Pada awalnya, gambar komiknya masih jelek, seadanya, dan hanya di-upload di Facebook. Tetapi ternyata banyak tanggapan positif dari teman-teman Faza. Respon positif ini bikin Faza mulai membuat blog untuk komik-komik yang ia buat. Pada tahun 2011, komiknya berjudul Ngampus!!! Buka-Bukaan Aib Mahasiswa terbit. Di situlah awal Faza mulai memasuki dunia profesional. Setahun kemudian di 2012, lahirlah karakter Si Juki yang sukses melambungkan namanya.

Bakal Jadi Ikon

Faza terus mengembangkan karakter Si Juki agar bisa jadi ikon yang membanggakan Indonesia. Mulai dari karakternya merupakan panggilan dari nama ‘Marjuki’ yang merupakan nama Betawi, sampai kisahnya yang banyak terinspirasi dengan kehidupan sehari-hari warga Indonesia. Faza percaya kalau branding dalam membuat karakter memang sangat penting. Dari segi bisnis, sebuah karakter yang kuat dapat diaplikasikan dalam bidang apapun, mulai dari komik, merchandise, bahkan bisa dijadikan ikon rumah makan. Saat ini, Si Juki udah gak cuma jadi sekedar komik strip melainkan juga jadi komik interaktif, komik kolaborasi, komik cetak, hingga merchandise. Penulis: Adrianus Seto Anggoro

Kamu suka sama Juki?
Suka banget
Belum pernah baca
30 votes

Komentar

Fresh