Stop Cyberbullying bersama di COMIC 2018 | OPINI.id

Dengan tema 'Think then Post', communication Department Binus University kembali menyelenggarakan kompetisi tahunan Communication in Action (COMIC 2018).

Jangan anggap remeh cyberbullying

Cyberbullying adalah tema kompetisi yang diangkat oleh Binus University guys. Temanya "Think then Post". Tema mengenai cyberbullying ini diangkat sebagai keseriusan Binus dalam menghentikan kekerasan terhadap anak. Selain itu, ini juga sekaligus bentuk peringatan Hari Anti Kekerasan Internasional yang jatuh di tanggal 2 Oktober dan Hari Kesehatan Mental Internasional pada tanggal 10 Oktober. kompetisi tahunan Communication in Action (COMIC 2018) ini, finalnya akan diadakan di di Gedung Serbaguna KOMINFO, Jl. Medan Merdeka Barat No. 9, Jakarta Pusat, pukul 13.00-16.30. Kompetisi ini berhasil mengumpulkan 135 karya dari tiga (3) mata lomba.

Kenapa cyberbullying itu harus diperangi?

Bagi sebagian orang mungkin tidak tahu dampak cyberbullying. UNESCO dan Science Daily menyampaikan di tahun 2017 remaja usia 9-17 tahun. Rentan terhadap efek negatif, termasuk cyberbullying. Dampaknya, mereka yang pernah jadi korbannya lebih rentan untuk menyakiti diri sendiri dan melakukan tindakan bunuh diri. Sayangnya hanya satu penelitian tercatat mengenai jumlah cyberbullying di Indonesia, yaitu dari Triantoro Safaria. Menurut Safaria, dari 102 SMA yang ada di Yogyakarta, 89% siswanya sempat menjadi korban cyberbullying setidaknya sekali.

Komentar

Fresh