M. Aga Ingin Kopi Indonesia Mendunia | OPINI.id

Pemeran barista dalam film Filosofi Kopi ini juga merupakan owner dan co-founder CoffeSmith Jakarta. Aga bertekad terus bergelut dan mengembangkan bisnis kopinya agar kopi Indonesia makin mendunia.

Barista Bertaraf Internasional

Muhammad Aga jadi terkenal sejak berperan jadi barista dalam film Filosofi Kopi. Tapi kamu tahu gak kalau doi juga merupakan owner dan co-founder CoffeSmith Jakarta. Selain itu, ia juga pernah mewakili Indonesia di ajang World Barista Championship 2018. Sebagai Barista, Aga gak cuma jago bikin kopi tapi juga udah ngikuti berbagai kompetisi. Terakhir, ia menjuarai Barista Championship 2018 yang diadakan di Bali Maret 2018 lalu. Kemenangan ini membawanya untuk mewakili Indonesia di ajang level dunia yang diadakan di Amsterdam, Belanda, di bulan Juni 2018. Meski gagal juara, ia tetap sukses promosikan kopi Indonesia di mata dunia.

Kopi Harus Jadi Identitas Indonesia

Aga mendirikan CoffeSmith karena yakin kopi bukan hanya sekedar komoditi, melainkan identitas atau sesuatu yang khas dari Indonesia. Ia sampai rela mengeksplor daerah-daerah penghasil kopi. Bahkan, ia sempat naik di pegunungan di ketinggian 1500 meter hanya untuk melihat kebon kopi. Ia juga akrab dengan para petani kopi dari berbagai daerah. Rupanya ia juga berharap agar kesejahteraan petani kopi bisa meningkat.

Kamu mau enggak dibuatin kopi sama M. Aga?
Boleh
Mau banget
148 votes

Komentar (2)

Fresh