Benny Prawira Cegah Kasus Bunuh Diri | OPINI.id

Walau tak separah di negara lain, kasus bunuh diri di Indonesia tak bisa dianggap remeh. Di situlah Into The Light hadir sebagai komunitas yang bisa jadi teman curhat bagi para penderita depresi terutama yang sampai ingin bunuh diri. Kuy, kenalan ama pendirinya.

Berawal dari Kegelisahan Pribadi

Kepedulian Benny berawal dari sejak ia masih aktif sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi di Universitas Bunda Mulia, Jakarta pada tahun 2012. Selain karena banyaknya kasus bunuh diri yang muncul tiap minggu, teman-teman Benny juga pada ngalami depresi dan ingin mati. Dari situ ia ngadain seminar pencegahan bunuh diri bertajuk “Into The Light”.

Berkembang Jadi Komunitas

Benny ingin agar layanan pencegahan bunuh diri ini bisa diakses siapa saja dan kapan saja, gak cuma di seminar doank. Dari situlah ia kembangkan “Into The Light” jadi komunitas, tepatnya di tahun 2013. Bahkan udah ada website dan layanan telepon bagi siapa saja yang butuh teman curhat. Berkat Benny, banyak penderita depresi jadi mengurungkan niat bunuh diri mereka.

Pencapaian

28 Juli 2017 - Diskusi Ruang Tengah “Tragedi Bunuh Diri” bersama "Tempo". 12 Agustus 2017 - Mengisi sesi untuk Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) 2017, yang bertajuk ”Pentingnya Kesadaran dan Kepedulian akan Kesehatan Mental”. 11 September 2017 - Diliput oleh harian Kompas dalam acara Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia 2017 yang bertajuk "Luangkan Satu Menit untuk Kehidupan". 17 September 2017 - Edukasi bersama dalam rangka Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia 2017 dengan PDSKJI Provinsi Banten. 19-20 September 2017 - Menjadi juri dalam kompetisi Social Psychological Intervention Design, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. 4-5 Oktober 2017 - Menjadi pembicara dalam talk show “Stress dan Depresi” dan “Bullying & Cyberbullying” di Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari. 2-4 November 2017 - Berpartisipasi dalam pameran komunitas untuk perayaan ulang tahun ke-98 Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). 9 November 2017 - Menjadi narasumber dalam diskusi film “Pekan Proyeksi Jiwa 2017” yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. 17 November 2017 - Menjadi salah satu pembicara dalam program Kick Andy di Metro TV. 12 Desember 2017 - Menjadi narasumber dalam “Disability in Indonesia Field School” yang diselenggarakan oleh Sydney Southeast Asia Center, University of Sydney, di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. 16 Desember 2017 - Menjadi narasumber untuk Indonesian Youth Conference 2017, yang bertajuk “Hapus Stigma dengan Keterbukaan”.

Sudah pernah dengan tentang Into the Light sebelumnya?
Sudah
Belum
63 votes

Komentar (8)

Fresh