Menara Jam Ini Waktunya Selalu Ngaret! | OPINI.id

Saat di jalanan, kalian pasti familiar dengan menara-menara yang menunjukkan waktu setempat kan? Kalian mungkin juga tahu landmark jam terkenal seperti Big Ben. Mereka terkenal akan kemegahan bangunan dan presisi waktunya. Namun, ternyata ada landmark yang jamnya selalu tidak tepat waktu. Simak penjelasannya berikut ini!

Menara jam di The Balmoral Hotel.

Jika kita menginjak kaki di ibukota Skotlandia, Edinburgh, kita mungkin akan terpikat dengan keindahan bangunan-bangunan jadulnya. Di sana, berdirilah The Balmoral Hotel, suatu hotel kuno yang selalu menunjukkan waktu yang tidak tepat. Jam di sana selalu 3 menit lebih awal. Kenapa ya?

Lokasi yang sangat strategis.

Dibangun pada 1902, hotel ini dibangun oleh North British Railway Company dengan nama North British Station Hotel. Terletak dekat platform Stasiun Waverley, ternyata beberapa orang sering telat dengan jadwal keretanya. Oleh karena itu, para owner mempunyai ide agar para penumpang tidak telat mengejar jadwal keretanya lagi.

Sebuah miskalkulasi yang terkalkulasi.

Para owner akhirnya sengaja mempercepat jam di atas hotelnya menjadi 3 menit lebih awal. Menurut mereka, 3 menit adalah waktu yang cukup untuk para penumpang untuk pergi ke stasiun, beli tiket dan masuk ke dalam kereta.

Legenda yang tetap bertahan.

Setengah abad kemudian, era kepemilikan hotel oleh perusahaan kereta sudah berakhir. Pada 1980an, hotel ini diganti nama menjadi The Balmoral Hotel. Sampai sekarang, waktu tersebut tetap tidak diganti dan masih 3 menit lebih awal. Dengan ini, legenda klasik ini menjadikannya salah satu atraksi turis yang populer di Skotlandia.

Jadi, mending dipertahankan atau diganti waktunya?
Ganti lah! Jaman now skrg!
Jgn! Nanti esensinya hilang.
199 votes

Komentar

Fresh