Efek Buruk Jadi Orang Pintar | OPINI.id

Dapat berkah jadi orang pintar tidak selalu menguntungkan. Ada beberapa kelemahan atau kerugian yang dialami orang pintar bila tidak didukung dengan kebijaksanaan.

Susah Melihat Solusi Di Depan Mata

Karena orang pintar diberkahi kemampuan melihat suatu masalah dari banyak sudut pandang, kadang mereka tidak menyadari hal sederahana yang ada di depan mata mereka. Akibatnya orang pintar kadang terjebak pada kompleksitas sebuah masalah yang sebenarnya sederhana.

Lupa Hal-Hal Dasar

Orang pintar juga suka terjebak dengan prinsip "bekerjalah dengan pintar". Mereka mencoba mencari cara yang kompleks untuk mendapat hasil yang diinginkan. Padahal kadang hasil itu hanya bisa didapat dengan kerajinan dan ketekunan dalam melakukan hal-hal dasar.

Gampang Mengelompokkan Orang

Orang pintar cepat membaca suatu pola dan mengkategorisasikan sesuatu. Akibatnya, sebuh penelitian menemukan bahwa orang pintar malah lebih suka secara tidak sadar mengelompok-ngelompokkan orang.

Susah Bahagia

Karena kepintarannya dalam memikirkan berbagai macam hal, orang pintar umumnya lebih susah bahagia. Dia akan mengkhawatirkan apa yang akan ia makan, bagaimana masa depannya dan banyak hal yang membuat dirinya cemas dan susah bahagia.

Terbebani Ekspektasi

Sebuah survey pada orang yang memiliki IQ di atas 140 menemukan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi hidup dengan penuh beban. Mereka terbebani ekspektasi orang-orang di sekitarnya untuk menjadi seseorang atau menemukan solusi untuk sebuah masalah besar akibat kepintarannya.

Apakah Kamu Menganggap Diri Kamu Pintar ?
Iya, sangat pintar
Di atas rata-rata
Biasa saja
Tidak merasa
845 votes

Sumber

https://www.theatlantic.com/science/archive/2017/07/intelligent-people-are-more-likely-to-stereotype/535158/ http://www.bbc.com/future/story/20150413-the-downsides-of-being-clever

Komentar

Fresh