Danau Berbentuk Hati di Indonesia | OPINI.id

Indonesia yang berada di wilayah cincin api pasifik, membuat zamrud khatulistiwa ini memiliki cekungan-cekungan yang menjadi danau. Hebatnya, ada beberapa danau yang berbentuk hati yang menampilkan romantisme keindahan alam Indonesia yang patut kita jaga kelestariannya dan kita banggakan.

1. Danau Cinta Karawapop

Danau Cinta Karawapop atau Telaga Cinta, terbentuk secara alami. Di sekelilingnya terdapat karst yang jadi khas dari wilayah di Raja Ampat, Papua. Sebenarnya danau ini adalah sebuah laguna. Letaknya persis di sebelah lautan dan dibatasi oleh karang-karang yang menjadikan danau ini berbentuk hati. Untuk menikmati indahnya bentuk hati Karawapop yang presisi, kamu harus menaiki puncak bukit karang yang terjal. Si cantik ini bisa kamu temukan di Distrik Misool Selatan.

2. Danau Cinta Emfote

Daratan Papua memang memiliki banyak pesona. Begitu pula dengan Danau Emfote, yang terletak di Kabupaten Jayapura. Tak hanya bentuknya yang serupa hati, namun juga ilalang-ilalang di sekitarnya yang membuat tempat ini tampak hijau dan bisa bikin kamu baper.

3. Danau Makalehi

Danau cinta ini berada di perbatasan paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Makalehi. Untuk dapat melihat bentuk hati yang dimiliki danau Makalehi, kamu harus menaiki bukit yang paling tinggi di pulau ini. Barulah dari puncak bukit ini lansekap keseluruhan akan tampak terlihat begitu indah dan romantis. Untuk bisa mencapai pulau Makalehi di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara ini, kamu dapat menggunakan angkutan laut (kapal motor) dari Pelabuhan Manado.

4. Danau Cinta Tanjung Enim

Danau cinta di kecamatan Tanjung Enim, Sumatera Selatan, adalah salah satu pesona alam yang ada di Bukit Kendi. Bentuknya yang menyerupai hati menjadi keunikan tersendiri dari danau ini. Jika ingin melihat panorama danau ini, kamu harus mendaki Bukit Kendi yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit, jalur ini hanya dapat diakses dengan berjalan kaki.

5. Danau Kaolin

Danau dengan air biru ini merupakan bekas tambang timah yang tak lagi beroperasi. Banyak yang menyebut tempat ini seperti danau salju, karena hamparan daratan putih di sekitar genangan air. Airnya yang berwarna biru jernih dan salah satu sisi danau ada yang berbentuk hati, adalah daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Bangka.

Setuju engga kalau keindahan dan romatisme alam Indonesia disebut juga Untaian Mutiara dari Timur?
Setuju
Pikir-pikir
Ga Setuju
179 votes

Komentar

Fresh