Strategi Lolos CPNS 2018 | OPINI.id

Pendaftaraan penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil 2018 atau biasa kita sebut dengan CPNS telah resmi dibuka serentak secara online pada September 2018. Banyak masyarakat yang tidak ingin melewatkan kesempatan ini, mengingat terdapat 238.015 lowongan CPNS yang tersedia. Untuk dapat lolos ujian CPNS, terdapat strategi tertentu.

Strategi lolos CPNS

Sudah menjadi rahasia umum bahwa, sangat sulit untuk lolos ujian CPNS mengingat persaingan sangat ketat, hal ini dikarekan ujian diikuti oleh seluruh daerah. Untuk itu, tidak sedikit calon pelamar yang sudah mulai belajar agar dapat mengerjakan 100 soal dengan benar dan tepat waktu yakni, 90 menit. Berikut strategi yang dapat kamu gunakan untuk persiapan menghadapi ujian CPNS nanti,

Belajar

Tentunya kita semua pasti tahu bahwa belajar merupakan kegiatan paling penting untuk menghadapi sebuah Ujian. Maka sangat disarankan untuk belajar minimal dua bulan sebelum ujian. Perluas wawasan anda mengenai seputar Pancasila, UUD 1945, KNRI dan Bhineka Tunggal Ika. Belajar dari referensi buku yang ada dan mencoba untuk mengerjakan secara berulang-ulang soal ujian dan jangan lupa gunakan waktu dalam belajar dan mengisi soal, agar terbiasa mengerjakan soal dengan waktu yang singkat.

Pilih Tempat yang tepat

Ada baiknya kalau kamu memilih tempat penempatan di daerah yang kurang peminatnya, agar peluang lolos akan semakin besar.

Cermat saat mengerjakan soal

Mengerjakan 100 soal dengan waktu 90 menit membutuhkan kecermatan dalam menyelesaikannya. Terdapat trik yang dapat kamu lakukan agar dapat menyelesaikan soal agar mendapat hasil yang maksimal yakni, - Pilihlah soal yang mudah dikerjakan. Pilih tes kepribadian (TKP) terlebih dahulu, Karena tes ini cukup mudah karena untuk mengerjakannya menggunakan nalar. Soal ini memiliki nilai 1-5, maka jika anda salah akan tetap mendapat nilai, sehingga pergunakanlah bagian ini. Tes ini biasanya terletak pada nomor 66-100. - Pada soal tes Wawasan Kebangsaan (TWK), usahakan tidak mengosongkan jawaban, jika memang tidak tahu jawablah sesuai perasaan anda. Agar dapat hasil yang cukup baik, usahakan anda mengisi 16 soal dengan tepat maka anda sudah memiliki skor 80. - Jangan terpaku dengan soalnya yang sulit karena akan menyita waktu anda.

Sudahkah kamu siap ujian CPNS?
Ya
Tidak
37 votes

Komentar

Fresh