Yakin Micin Berbahaya untuk Kamu? | OPINI.id

Pernah mendengar kata-kata kebanyakan makan micin? Kenapa sih ada perkataan tersebut? Memangnya apa salah dari micin?

Micin atau MSG sering disalah artikan oleh sebagian orang. Lalu, kalau ada restoran yang melabeli diri mereka 'No MSG', apakah itu berarti label ini sama pentingnya dengan label 'Halal' atau 'No Pork'? Penasaran? Dari pada menduga-duga, yuk simak fakta micin berikut ini!

1. Asal-Usul MSG

MSG pertama kali diciptakan oleh Prof. Kikunae Ikeda. Pada awalnya ia terinsipirasi oleh masakan istrinya yang terasa begitu lezat. Ternyata kelezatan tersebut didapatkan dengan melarutkan kombu ke dalam air panas yang menjadikan kaldu dashi memiliki rasa umami atau gurih. Lalu, Ikeda terinspirasi untuk menambahkan bahan lain, yaitu natrium. Natrium berfungsi untuk mengubah larutan menjadi bubuk penyedap masakan. Setelah penemuan tersebut berhasil, ia lekas mematenkannya dan membuat Ajinomoto.

2. Fungsi MSG

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengatakan bahwa orang yang sudah menginjak usia lanjut dapat kehilangan kemampuan untuk mendapatkan cita rasa umami. Hal terseut berakibat membuat sebagian orang kehilangan nafsu makan dan berat yang berujung pada kondisi buruk bagi kesehatan manusia. MSG hadir sebagai pencipta rasa gurih dan lezat yang mampu meningkatkan rasa makanan dan membantu merangsang nafsu makan pada orang tua. MSG memiliki kandungan, seperti glutamat, yang sebenarnya secara alami dapat ditemukan dengan mudah di tomat, keju, parmesan, jamur kering, kecap, buah dan sayur, bahkan ASI!

3. Penelitian Seputar Dampak MSG

Di tahun 1995, dilansir dari Kompas, Food and Drug Administration (FDA) di AS meminta Federasi Masyarakat Amerika untuk Biologi Eksperimental, untuk melihat dan menyelidiki dampak yang sebenar benarnya dari micin. Dari hasil penyelidikan tersebut, beberapa kelompok individu yang terlibat dalam proses tersebut menunjukkan respon buruk terhadap MSG dalam dosis besar, yaitu 3 gram tanpa makanan. Respon buruk tersebut dirasakan satu jam setelah mengonsumsinya. Padahal, rata-rata orang hanya mengkonsumsi sebanyak 0,55 gram/hari, dan itupun dicampur dengan makanan.

Tips Mengonsumsi

Setelah dilakukan penelitian olehFDA, akhirnya ditetapkanlah MSG sebagai GRAS (Generally Recognised As Safe) atau bumbu penyedap makan yang aman jika dikonsumsi. Intinya segala sesuatu yang berlebihan itu enggak baik. Sama halnya kayak cinta, mengkonsumsi micin secara berlebihan juga enggak baik. Jadi, coba deh untuk stop kebiasaan kamu ngemilin micin!. Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/fakta-micin/ Penulis: Habsi.

Komentar

Fresh