Yang Bikin Orang Jadi Irasional Di Kantor | OPINI.id

Pernah tidak kamu bertanya "orang itu mikir apa sih ?" terhadap seseorang di tempat kerja kamu ? Tindakan irasional orang tersebut sebenarnya ada alasannya. Ini yang menyebabkan orang melakukan tindakan irasional di tempat kerja.

Emosi

Manusia bukan robot. Keputusan seseorang sangat dipengaruhi oleh emosinya pada saat itu. Kadang seseorang terlihat tidak rasional bisa jadi karena dia sedang sedih, emosi, atau bahkan benci atau dendam terhadap seseorang di tempat kerjanya.

Kurangnya Informasi

Keputusan kurang rasional yang diambil seseorang di tempat kerja juga bisa diakibatkan dirinya tidak memiliki informasi penting yang kamu miliki. Kurangnya informasi penting dapat membuat seseorang mengambil keputusan yang berbeda dengan kamu.

Tidak Mau Dipermalukan

Kadang tindakan irasional seseorang di tempat kerja juga disebabkan oleh rasa malu atau rasa takut dipermalukan. Orang itu bisa jadi membela diri secara belebihan, sampai harus memutarbalikan fakta.

Miskomunikasi

Tidak semua orang bisa menyampaikan atau mempresentasikan pikirannya dengan baik. Kalau salah penyampaian, hal ini bisa membuat orang tersebut terlihat kurang rasional.

Latar Yang Berbeda

Hal yang rasional bagi seorang dokter, bisa jadi irasional bagi seorang psikolog. Intinya latar belakang seseorang, keilmuannya, ataupun pengalaman hidupnya bisa membuat definisi rasional yang berbeda.

Segan

Di tempat kerja, rasa segan itu sering terjadi. Takut dengan atasan atau rasa tidak enak dengan senior dapat membuat seseorang melakukan hal-hal yang tidak rasional.

Sumber

http://bigthink.com/experts-corner/decisions-are-emotional-not-logical-the-neuroscience-behind-decision-making

Komentar

Fresh