Mengenal Tinnitus, Penyakit 'Phantom Noise' | OPINI.id

Tidak banyak yang tahu tentang kehadiran penyakit yang satu ini. 10-15% total populasi dunia menderita Tinnitus.Di Amerika sendiri, ada setidaknya 50 Juta orang yang mengidap penyakit ini. Mau tahu seperti apa ?

Definisi

Tinnitus adalah penyakit telinga berdengung. Penderita mendengar sensasi suara yang berbeda-beda. Ada yang mendengar suara mesin pesawat, suara jangkrik sampai suara detak jantung.Nyaris semua penderita mendengar suara ini non-stop. Namun sumber suara tidak dari luar, melainkan dari perspesi individu. Oleh karena itu, suara ini hanya bisa didengar oleh penderita. Orang lain tidak bisa mendengarnya. Penyakit ini kadang disebut Phantom Noise.

Penyebab

Sampai sekarang belum diketahui penyebab penyakit yang satu ini. Ada yang bilang kalau eksposur ke musik kencang dalam waktu yang lama , minum antibiotik dalam jangka waktu panjang, sampai flu biasa bisa menyebabkan seseorang terkena Tinnitus. Ada juga beberapa ahli yang berpendapat kalau Tinnitus disebabkan oleh rusaknya Telinga bagian Dalam dan juga syaraf pendengaran.

Tidak Menular

Tinnitus penyakit yang sifatnya degeneratif, alias semakin bertambah usia, semakin berkurang daya pendengarannya. Tapi untungnya, penyakit ini tidak menular seperti flu.

Tidak Sama dengan Tuli

Tidak semua penderita tinnitus kehilangan pendengaran. Beberapa bahkan mempunyai pendengaran normal. Namun untuk kasus yang cukup berat, tinnitus bisa berujung tuli.

Terdeteksi Lewat Tes Pendengaran

Tinnitus hanya bisa terdeteksi lewat tes pendengaran (audiometri). Dari tes ini bisa diketahui berapa desibel suara tinnitus yang seseorang punyai.

Pengobatan

Sampai saat ini, belum ada obat untuk Tinnitus. Penderita disarankan memakai alat bantu dengar yang bisa mengurangi intensitas tinnitus. Alat bantu dengar ini harganya mahal, makanya sebagian besar penderita cenderung memilih menerima kondisi apa adanya.

Orang Terkenal Dengan Tinnitus

Chris Martin, Pentolan Coldplay, termasuk salah satu artis yang diketahui menderita Tinnitus. Dia memakai alat khusus yang bisa menghasilkan white noise untuk mengurangi sensasi tinnitus.

Inspirasi Film

Bagi yang pernah menonton film 'Baby Driver', disitu pasti tahu kalau salah satu tokoh utamanya : Baby, adalah penderita tinnitus.

Kamu kenal / pernah bertemu seseorang yang juga mengidap penyakit Tinnitus?
Iya
Tidak
101 votes

Komentar (1)

Fresh