Tips Hadapi Rekan Kerja Bossy | OPINI.id

Kesel enggak kalau punya rekan kerja yang suka memerintah alias bossy. Bagus kalau rekan kerja kamu gak ada yang bossy. Tapi kalau ternyata kamu punya rekan kerja yang suka memerintah dan ngelemparin kerjaan ke kamu, apalagi jika rekan kerja kamu punya posisi kerja yang sama dengan kamu. Jangan stress dulu, nanti malah ganggu karier kamu. Yuk simak tips supaya kamu terhindari dari rekan kerja yang bergaya bossy.

Penting punya daftar pekerjaan

Tiap karyawan tentu memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Tak ada salahnya kalau kamu membuat print out daftar pekerjaan. Selain untuk mengingatkankan diri kamu sendiri, secara tidak langsung rekan kerja pun tahu tugas apa saja yang akan kamu kerjakan.

Tegas dan bantu seperlunya

Enggak perlu sungkan kalau kamu mau bersikap tegas. Ketegasan memang perlu untuk menghadapi rekan kerja yang suka mengatur kamu. Tegas bukan berarti galak. Bersikaplah sopan saat menolak perintah yang seharusnya menjadi tugas rekan kerja kamu. Jika memang terpaksa harus mengerjakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab rekan kamu, bantu seperlunya saja. Jangan sampai rekan kamu keenakan karena tugasnya selalu kamu kerjakan sampai tuntas.

Pakai komunikasi non verbal

Kalau kamu udah ngerasa enggak mampu menolak perintah rekan kerja secara langsung, ganti komunikasi melalui tulisan, misalnya melalui email atau messenger. Komunikasi melalui tulisan cenderung lebih mudah dilakukan daripada harus mengatakan secara langsung. Beritahu alasan yang masuk akal. Bukan semata-mata karena kamu tidak mau membantu, tapi katakan dengan jujur hal apa yang membuat kamu tidak bisa membantunya. Biar bagaimanapun, kerjasama itu sangat penting. Jadi jika sewaktu-waktu kamu perlu bantuannya, dia akan segan untuk menolak permintaan kamu.

Ada enggak rekan kerja kamu yang bossy?
Engga
Ada
408 votes

Komentar

Fresh