Efek Buruk Kalau Kamu Terlalu Irit | OPINI.id

Hemat atau irit memang budaya yang baik. Tapi kalau kamu terlalu irit, malah jadi tidak baik, bahkan membuat kamu jadi lebih boros.

Buruk Buat Kesehatan

Makanan murah, enak dan mengenyangkan tidak selalu baik buat kesehatan. Umumnya makanan murah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi kamu. Lalu makanan murah juga sering menyebabkan penyakit, seperti diabetes dan kolesterol.

Tidak Baik Untuk Industri Lokal

Karena terlalu irit orang juga kadang lebih suka beli barang buatan luar negeri yang lebih murah, seperti barang-barang buatan Tiongkok. Hal ini menyebabkan industri lokal jadi tercekik dan tidak baik bagi ekonomi negara secara keseluruhan.

Jadi Beli Barang Yang Tidak Dibutuhkan

Penelitian menyebutkan membeli barang karena kupon atau promo, sering menyebabkan seseorang membeli barang yang tidak dia butuhkan dan ujungnya jadi lebih boros, walaupun niat awalnya mau lebih irit.

Berdampak Buruk Pada Penampilan

Terlalu irit bisa membuat kamu ditolak pas ngelamar kerja ataupun nembak gebetan. Karena banyak orang yang masih melihat penampilan luar kamu. Terlalu irit bisa membuat kamu berpenampilan kurang oke.

Jadi Lebih Boros

Terlalu irit juga bisa membuat kamu jadi lebih boros. Contohnya hape rusak karena tidak pasang casing hape. Selain itu terlalu irit juga membuat kamu beli barang yang lebih cepat rusak, sehingga kamu harus membeli barang yang sama lagi di kemudian hari.

Apakah Kamu Tipe Orang Yang Irit Banget ?
Tidak, boros malah
Irit, tapi ga keterlaluan
Iya, aku irit lebay
Biasa saja
1839 votes

SUMBER

http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.3322/caac.21237/full http://journals.marketingpower.com/doi/abs/10.1509/jm.10.0443 http://munews.missouri.edu/news-releases/2012/1030-american-consumers-overvalue-u-s-produced-apparel-mu-study-finds/ http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0148296314004093

Komentar (3)

Fresh