Alfatih Timur Setia Pada Misi Sosial | OPINI.id

Tak hanya gemilang pada prestasi akademik, pemuda kelahiran Bukittinggi 27 Desember ini juga menunjukkan prestasi sosialnya. Dia adalah M. Alfatih Timur atau yang lebih dikenal dengan Timmy. Seorang mantan aktivis mahasiswa dan seorang sosial entrepreneur yang merupakan penggerak perubahan sosial ekonomi masyarakat yaitu KitaBisa. Siapa dan bagaimana sepak terjang Timmy, kuy kenalan lebih dekat.

Jaga budaya gotong royong secara online

Berawal dari harapan untuk membantu serta tetap membudayakan nilai luhur gotong royong, Timmy mendirikan situs crowdfunding Kitabisa.com. Timmy yang juga sebagai CEO Kitabsia.com telah membawa perubahan sosial dengan dampak besar secara online. Situs yang mewadahi penggalangan dana itu memiliki visi menggunakan orang-orang baik untuk mendonasikan bantuannya secara langsung dengan tepat dan cepat. Beroperasi lebih dari empat tahun, kini Kitabisa.com telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp414 miliar lebih dan telah berhasil mendanai 14.682 kampanye.

quote-mark

Kitabisa.com hadir untuk membuat netizen aware bahwa mereka bisa do something more dengan menggalang dana.

Awal mula sepak terjang Alfatih Timur

Tahun 2005-2007 Timmy masuk dalam kelas akselerasi SMA Negeri 1 Padang. Melanjutkan kuliah Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia. Saat kuliah, Timmy aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Ia penah menjabat sebagai Ketua Departemen Kemahasiswaan BEM Fakultas Ekonomi UI dan BEM UI. Dengan bimbingan dari Rhenald Kasali, dosennya sewaktu kuliah yang juga dikenal sebagai praktisi bisnis di Indonesia, Timmy mencoba menjadi sosial enterpreneur setelah lulus kuliah. Melalui bimbingan Rhenald Kasali itu, Timmy mendapatkan ilmu tentang dunia wirausaha sosial dan dunia inovasi sosial. Kemudian dia rajin browsing internet dan menemukan aksi crowdfunding (urun dana) dan akhirnya mendirikan Kitabisa, pada 6 Juni 2013.

quote-mark

Entrepreneur itu soal money, kalau social entrepreneur itu setia pada misi.

Kamu pernah menggunakan situs KitaBisa.com untuk penggalangan dana?
Belum
Pernah
16 votes

Komentar

Fresh