Uniknya Medali Asian Para Games 2018 | OPINI.id

Ajang Asian Para Games 2018 tak hanya memperlihatkan keistimewaan dan ketangguhan perjuangan setiap atletnya untuk mengharumkan nama negaranya masing-masing, tapi desain medali yang akan diperebutkan juga tak kalah unik dan memiliki keistimewaan tersendiri. Ayo dukung atlet disabilitas Indonesia raih prestasi di ajang Asian Para Games 2018. Mereka juga mampu mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia.

Bahan dan Desain

Dari segi bahan dasar, medali Asian Para Games 2018 terbuat dari besi solid lalu dilapisi emas, perak dan perunggu dengan teknik semprot. Desain ukiran pada medali dirancang langsung oleh Wakil Sekretaris Jenderal Inapgoc, Ferry Kono. Medali ini didesain dengan mengadopsi medali Paralimpaide 2016 Rio de Janeiro.

Huruf Braille

Pada bagian depan medali ada logo Asian Para Games 2018, serta slogan bertuliskan "The Inspiring Spirit and Energy Of Asia". Sedangkan, di bagian belakang medali, terdapat logo Asian Paralympic Committee (APC), serta kode yang menggunakan huruf braille, huruf dengan sistem tulisan sentuh khusus untuk penyandang tuna netra.

Bisa Berbunyi

Menariknya lagi, medali Asian Para Games 2018 juga menghasilkan suara gemerincing jika digoyangkan. Suara ini berasal dari bola-bola kecil yang terdapat di dalam setiap kepingan medali. Ada 26 bola-bola kecil pada medali emas, sedangkan medali perak 20 dan perunggu 16 hingga menghasilkan suara yang berbeda jika digoyangkan. Medali ini sengaja diciptakan memiliki bunyi dan berguna untuk atlet-atlet yang berkebutuhan khusus. Seperti penyandang physical impairment, intelligence impairment hingga visual impairment (tunanetra). Hal ini merupakan momen bersejarah, pasalnya untuk pertama kalinya di ajang Asian Para Games pihak Inapgoc meluncurkan medali yang memiliki bunyi. Hal ini tidak pernah ada di dua edisi sebelumnya.

Apakah kamu setuju jika atlet difabel disebut sebagai Duta Indonesia di Pentas Dunia?
Setuju banget
Biasa Aja
Ga Setuju
696 votes

Komentar

Fresh