4 Oktober, Hari Binatang Sedunia | OPINI.id

Tahukah kamu jika Hari Binatang Sedunia diperingati rutin setiap tahun pada tanggal 4 Oktober? Pada tanggal ini, mengingatkan manusia bahwa kehidupan binatang dari segala jenis bentuk dan spesies dihargai keberadaannya sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang sekaligus menopang ekosistem kehidupan manusia. Ini asal mula diselenggarakannya Hari Binatang Sedunia ----------->

Awal Hari Binatang Sedunia

Tanggal 4 Oktober awalnya dipilih sebagai Hari Binatang Sedunia karena pada tanggal ini diadakan pesta perjamuan Santo Francis Assisi, yang dikenal sebagai seorang pecinta alam dan pelindung binatang dan lingkungan. Sayangnya, rencana tersebut batal karena tidak ada tempat yang tersedia. Namun acara ini akhirnya digelar pertama kalinya pada tanggal 4 Oktober 1929. Pada awalnya perayaan ini hanya diikuti oleh pecinta binatang dari Jerman, Austria, Swiss dan Cekoslowakia. Berkat kerja keras Heinrich Zimmermann dalam mempromosikan hari Binatang Sedunia, akhirnya pada Mei 1931 diadakan kongres Perlindungan Binatang Internasional yang meresmikan tanggal 4 Oktober sebagai hari Perayaan Binatang Sedunia.

Tujuan

Tujuan dari diadakannya Hari Binatang Sedunia ini adalah untuk meningkatkan standar kesejahteraan hewan di seluruh dunia. Memobilisasi kekuatan global dalam rangka menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik bagi semua hewan. Melalui peningkatan kesadaran dan pendidikan Sumber Daya Manusia, sehingga dapat menciptakan dunia di mana hewan selalu diakui sebagai makhluk hidup dan mendapatkan perhatian penuh dari manusia terhadap kesejahteraan hewan tersebut.

Kegiatan

Saat Hari Binatang Sedunia biasanya tim penyelamat binatang dan berbagai organisasi satwa liar melakukan kegiatan pengumpulan dana, bazaar, dan sebagainya di berbagai sekolah dan tempat kerja. Di hari ini 4 Oktober, mereka juga memberikan penghargaan terhadap individu, sekelompok orang, atau lembaga yang dianggap telah memberikan kontribusi terbaik pada dunia binatang.

Menurut kamu apakah nyawa binatang itu sama pentingnya dengan manusia?
sama pentingnya dong
biasa aja
ga penting
55 votes

Komentar

Fresh