Nesha Ichida Ingin Indonesia Tak Cemari Laut | OPINI.id

Tidak banyak anak muda Indonesia yang mau berperan aktif untuk menjaga alam, Nesha Ichida salah satu yang patut diapresiasi. Berawal dari kecintaannya akan alam dan binatang liar membawa Nesha menjadi aktifis lingkungan. Ia juga aktif diberbagai organisasi dan kampanye terkait perubahan iklim, perlindungan laut, kelestarian dan hak-hak hewan. Kuy kenalan lebih dekat dengan Nesha Ichida.

Berawal dari menyelam

Menyelam adalah alasan Nesha mulai mencintai alam. Ia lalu mencari tahu pekerjaan apa yang bisa membuatnya terkoneksi dengan kecintaannya terhadap laut. Akhirnya Nesha mengambil jurusan kuliah biologi kelautan di Univeristas Terbuka Inggris. Nesha sangat tertarik dengan biologi laut sejak pertama kali menyelam di salah satu lautan di Indonesia. Melihat banyak kerusakan pada terumbu karang, membuatnya berpikir untuk turut menjaga dan memumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli pada lingkungan.

Aktif menjadi sukarelawan

Kepeduliannya terhadap lingkungan juga bermula saat Nesha menjadi sukarelawan di Tasikoki Wildlife and Rescue Center yang bertempat di Sulawesi saat ia masih berusia 17 tahun. Nesha belajar banyak tentang alam dan hewan selama tiga minggu tinggal di sana. Di tempat rehabilitasi ia mengurus hewan-hewan, memberi makan juga mengajak mereka merasakan tinggal di alam lepas. Selain itu Nesha sampai tahun 2016 lalu, ia juga menjadi salah satu tim periset di Whale Shark Indonesia Project untuk membantu mengumpulkan data tentang hiu dan paus di Indonesia.

Duta Lingkungan Hidup

Nesha bersama Kevin Indrawan pernah terpilih mewakili Indonesia dalam ekspedisi Youth4Arctic dan melihat secara langsung dampak perubahan iklim di Kutub pada bulan September 2015 lalu. Bersama ahli lingkungan dan peserta lain dari Australia dan Jerman, Nesha mengunjungi Greenland. Selama dua minggu tinggal di Kutub Utara, membuatnya semakin sadar dampak pemanasan global.

Tak ingin Indonesia menjadi pencemar lautan

Mimpinya sangat sederhana, Nesha hanya berharap Indonesia tak cemari laut dengan sampah plastik. Nesha kemudian aktif mengedukasi masyarakat terutama penyelam, ia menjadi Co-Founder & Director of Sustainability and Development Divers Clean Action. Divers Clean Action merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang kebersihan lingkungan terutama laut. Ia membuat beberapa panduan bagi para penyelam baik diving maupun snorkeling agar tetap menjaga kebersihan laut dan menjaga kelangsungan hidup biota laut.

Apakah kamu sudah juga ikut berpartisipasi mengurangi sampah plastik?
Sudah
Belum
5 votes

Komentar

Fresh