Ternyata OSIS Bisa Menjadi 'Pendidik', lho! | OPINI.id

Apakah di lingkungan kalian ada yang namanya geng? Ternyata nge-gang merupakan salah satu penyimpangan sosial, lho. Penyimpangan sosial berupa kenakalan remaja, yang umumnya sering dilakukan dalam bentuk suatu kelompok atau yang biasa disebut dengan geng. Mengutip pendapat Le Bon (2008) geng berperilaku seperti kerumunan (crowd), yakni sekumpulan orang yang mempunyai ciri baru dan sangat berbeda dengan ciri individu yang membentuknya. Gen Namun, ternyata OSIS bisa menjadi pendidik bagi mereka

Apa itu geng?

Para anggota kelompok geng biasanya diisi oleh pemuda-pemudi atau remaja yang masih labil dan menuju proses pendewasaan. Mereka sangat bergantung terdap rasa kebersamaan dengan banyak orang lain yang menjadi bagian dari komunitasnya. Individu yang bergabung dalam kepok geng biasanya memeroleh perasaan kekuatan luar biasa yang mendorongnya untuk tunduk pada dorongan naluri.

Apa itu Geng?

Ketika berada dalam suatu kelompok geng, maka anggota dari geng tersebut seakan-akan telah terlebur dalam suatu kerumunan, sehingga menyebabkan rasa tanggung jawab yang semula mengendalikan individu pun menjadi lenyap. Ketika menjadi bagian dari kerumunan, maka individu yang menjadi anggota dari kelompok geng tersebut dapat serta merta berubah menjadi individu yang mampu melakukan hal yang dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah dilakukannya.

Upaya Menanggulangi

Gejala kenakalan remaja menunjukkan bahwa semakin melemahnya pengendalian sosial (social control) masyarakat terhadap para anggotanya. Keluarga dan masyarakat merupakan pihak yang dapat berperan untuk mencegah sedini mungkin mengenai kenakalan remaja yang terjadi. Pihak sekolah juga dapat berperan dengan cara menyibukkan remaja dalam berbagai kegiatan positif yang ada di sekolah, seperti ekstrakulikuler.

OSIS Berperan Sebagai Pendidik

OSIS merupakan salah satu organisasi kesiswaan di lingkungan sekolah. Dengan begitu sudah sepatutnya OSIS mampu memberdayakan diri sebagai pendidik sebaya (peer education) demi membantu menanggulangi kenalakalan remaja. Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa pendidik sebaya diperlukan? Setidaknya ada tiga alasan paling mendasar sebagai berikut.

Alasan OSIS Berperan Sebagai Pendidik

1. Pendidik sebaya menggunakan bahasa yang kurang lebih sama sehingga informasi tentang pentingnya menghindari tindak kenakalan akan mudah dipahami oleh sebayanya. 2. Remaja lebih terbuka untuk mengemukakan pikiran dan perasaannya di hadapan pendidik sebayanya, termasuk bila memiliki pengalaman pahit atau alasan tertentu yang mendoronya melakukan kenakalan. 3. Dorongan agar remaja menghayati segenap keberadaannya sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa. Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/un/sosiologi-un-sma/jangan-nge-geng-kalau-nggak-mau-disebut-pelaku-penyimpangan-sosial/ Penulis: Fritz H.S Damanik

Komentar

Fresh