Waspadai Digital Amnesia | OPINI.id

Berkat teknologi yang semakin maju membuat aktivitas yang kita lakukan menjadi lebih mudah. Ada banyak dampak positif yang bisa kita dapatkan berkat kemajuan teknologi, tapi ternyata teknologi juga bisa memberikan dampak negatif yaitu digital amnesia”.

Apa itu Digital Amnesia?

Digital Amnesia jika diartikan dengan bahasa umumnya artinya adalah penyakit baru yang merupakan dampak dari pengguna teknologi. Digital amnesia adalah suatu perubahan besar pada perilaku dan daya ingat kaum melek teknologi, terutama generasi milenial. Digital amnesia terjadi saat masyarakat terlalu menggantungkan diri pada kecanggihan teknologi untuk mengingat berbagai macam informasi, mulai dari informasi yang sepele hingga yang sangat penting dan sensitif. Menurut penelitian Kaspersky Lab, perangkat digital dan Internet ternyata dapat mempengaruhi cara orang mengingat serta menggunakan informasi.

Memori Otak akan Menurun

Otak manusia sendiri memang memiliki batas kapasitas dalam hal menulis ulang data yang tidak relevan dengan fakta dan kenangan. Namun kebiasaan anak zaman now yang selalu menyimpan data serta informasi pada perangkat digital membuat otak jarang digunakan untuk mengingat memori. Maka lambat-laun tanpa disadari, memori otak-pun mulai melemah karena jarang digunakan untuk bekerja. Otak jadi kurang terlatih mengolah informasi mentah menjadi sebuah ingatan, baik jangka pendek maupun panjang. Padahal, proses tersebut sangat penting guna merangsang pembentukan ratusan hingga ribuan koneksi sel saraf baru dalam otak. Semakin jarang diasah, fungsi otak untuk memproses memori jangka panjang pun akan menurun. Memori jangka panjang sendiri sangat penting bagi perkembangan diri setiap orang, karena memori jangka panjang membentuk identitas setiap orang.

Menimbulkan Stres

Penderita digital amnesia begitu bergantung pada smartphone sebagai ekstensi atau kepanjangan dari otak manusia. Tak hanya 'lupa ingatan' saat tidak bisa mengakses, tanpa disadari akan merasa bingung, emosi bahkan timbul gejala stres. Jangan biarkan digital amnesia merenggut kenangan-kenangan yang paling berarti dalam hidup kamu, karena itu, kamu perlu melatih dan mengasah otak agar tetap mampu mempertahankan daya ingat di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat.

Pernahkah kamu mengalami digital amnesia?
pernah
sering
ga pernah
489 votes

Komentar

Fresh