5 Alokasi Tepat Untuk Bonus Tahunan Kamu | OPINI.id

Bonus tahunan menjadi salah satu penghasilan tambahan yang dinanti-nantikan para karyawan seperti halnya THR. Meski sifatnya tidak rutin, bonus bisa menjadi wujud apresiasi yang baik kepada karyawan untuk peningkatan kinerja. Biasanya, jumlah yang diberikan pun bisa bervariasi, tergantung dari performa kerja, keuntungan perusahaan, kebijakan perusahaan serta faktor lainnya. Nah, jika kamu dapat bonus tahun ini, mau dikemanakan uangnya? Berikut ini alokasi uang yang tepat untuk bonus tahunan:

1. Pengeluaran Sosial

Apa saja sih yang masuk kategori ini? Zakat, sedekah, perpuluhan, atau kegiatan sosial lainnya sudah selayaknya masuk di kategori pengeluaran sosial ini. Dasar dari pengeluaran sosial ini adalah kesadaran bahwa setiap rezeki yang diterima itu sebenarnya ada hak orang lain di dalamnya.Oleh sebab itu, hal orang lain itu bisa disalurkan dalam bentuk-bentuk tadi.

2. Pengeluaran Tahunan

Yang termasuk pengeluaran tahunan itu seperti PBB, pajak kendaraan, premi asuransi dan biaya lainnya yang sifat atau jatuh temponya 1 tahun sekali. Pengeluaran ini sudah sepantasnya dibayar dengan menggunakan uang bonus tahunan tersebut.

3. Melunasi Utang

Jika kamu memiliki utang jangka pendek dengan tingkat suku bunga tinggi maka sudah sepantasnya utang ini diberesi dengan bonus tahunan ini. Entah kenapa ternyata banyak orang yang melakukan kesalahan besar yakni dengan memasukkan uangnya di tabungan biasa dibanding untuk melunasi utang. Ini jelas kesalahan besar. Banyak yang tidak sadar kalau bunga utang itu biasanya lebih besar dibanding dengan bunga tabungan.

4. Top-up Investasi

Kalau tabungan sangat tidak disarankan, alternatif lainnya yakni menambah jumlah investasi. Investasi, seperti investasi saham, sudah selayaknya ditop-up agar nominal dam cuannya makin meningkat. Apalagi, investasi saham saat ini sangat mudah karena sudah serba online. Jual-beli saham sudah bisa dilakukan dengan beragam gadget, seperti melalui platform IPOTSTOCK yang memudahkan investor mendapatkan cuan maksimal. IPOTSTOCK dilengkapi fitur dan tools yang menguntungkan nasabah.

5. Nikmatilah Bonus

Menikmati bonus itu juga tidak boleh diabaikan. Pasalnya, yang namanya hasil kerja itu juga harus dinikmati. Cara menikmati bonus tahunan bisa dengan berlibur bersama keluarga atau melakukan hobi yang selama ini jarang dilakukan karena terkendala rutinitas kerjaan.

Komentar

Fresh