Indri Mahadiraka Cegah Bunuh Diri Remaja | OPINI.id

Kesehatan mental mungkin terasa sepele dan kadang diabaikan dalam kehidupan kita. Padahal gangguan mental bisa saja dialami oleh semua orang. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari pun, setiap manusia membutuhkan keseimbangan antara jiwa dan raga.

Kepedulian terkait isu kesehatan mental

Disahkannya UU terkait kesehatan jiwa pada tahun 2014 lalu membuat banyak pihak mulai peduli pada isu kesehatan mental. Salah satunya adalah Indri Mahadiraka Rumamby yang tergugah untuk mendirikan sebuah startup yang fokus kepada layanan sosial dan kesehatan. Dikutip dari laman saveyourselves, rata-rata 82 orang di Indonesia bunuh diri setiap harinya, dengan presentasi paling banyak terjadi pada kelompok usia rentang 15 – 24 tahun. Indri Mahadiraka bersama Riva Rumamby dan Syatitah Muharina menghadirkan sebuah platform yang bernama Save Yourselves. Layanan startup ini fokus ke layanan sosial dan kesehatan yang memiliki tujuan untuk membawa perubahan dan impact untuk kesehatan mental di Indonesia. Lulusan Bachelor of Engineering Teknik Sipil UI ini melihat tingkat bunuh diri di Indonesia yang terus meningkat terutama dengan mayoritas demografi anak muda, ia akhirnya membuat sebuah platform online yang accessible, educational dan juga low-cost. Dimulai dengan sebuah akun Line untuk support chat bagi pengguna yang ingin bercerita dan membutuhkan dukungan.

Tentang platform Save Yourselves

Save Yourselves bisa menjadi tempat bagi seseorang yang ingin curhat tanpa diketahui oleh siapapun. Bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan mental. Tiga layanan utama yang diberikan adalah edukasi, supportive counseling, dan suicide prevention. Melalui platfromnya, Indri juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menghadapi stigma mengenai kesehatan mental. Save Yourselves telah beroperasi online terutama melalui website dan applikasi LINE dan hingga saat ini, selama satu setengah tahun pengalaman dengan dibantu oleh 50 orang admin, Save Yourselves telah membantu 3000 orang.

Sepak Terjang Save Yourselves

Save Yourselves mulai mengikuti beberapa kompetisi, salah satunya adalah Startup Weekend. Pada November 2016 Save Yourselves terpilih sebagai pemenang dari Startup Weekend Jakarta. Tak cukup sampai di situ, platform ini lolos seleksi top 100 Startups Echelon Asia Summit, dan terpilih sebagai startup terbaik dari kategori Health and Lifestyle Vertical dan merupakan top 6 dari Asia.

quote-mark

Saya dan adik pernah mengalami masalah semasa remaja. Saat itu saya merasakan mau minta bantuan tapi nggak tahu kemana.

Setelah mengetahui Save Yourselves, kamu mau bagikan informasi ini kepada teman yang butuh dukungan?
Tentu!
Penting nih
32 votes

Komentar

Fresh