Makna motif batik yang wajib kamu ketahui | OPINI.id

Hari Batik Nasional! Kamu sendiri tahu gak kalau sebenarnya banyak makna yang bisa digali loh, cekidot deh...

Motif parang rusak

Ini adalah salah satu motif sakral dan biasanya ini hanya digunakan di lingkungan kraton saja. Motif ini biasanya juga bisa mengidentifikasikan asal kraton pemakainya, Solo atau Yogya.

Motif parang barong

Dulunya nih, batik ini dipakai oleh para bangsawan untuk upacara ritual keagamaan dan meditasi karena motif ini dianggap sakral.

Motif sekarjagat

Tanpa kamu sadari, sebenarnya kamu sering pakai batik motif ini guys. Soalnya, ini adalah batik yang mengungkapkan cinta dan memelihara perdamaian. Gak heran kalau motif ini suka dipakai di pesta pernikahan.

Motif sido mukti

Batik yang suka juga dipakai dalam acara pernikahan. Nah, pak SBY pernah memakai batik ini ketika melakukan pertemuan dengan pak Prabowo guys. Makna motif ini, Sido berarti terus menerus dan Mukti berarti hidup berkecukupan dan kebahagiaan. Jadi motif ini melambangkan harapan akan masa depan yang baik, cielah asik ya pak SBY tau aja motif yang dipakai.

Motif tambal (ceplok)

Banyak unsur pada batik ini, mulai dari ceplok, parang, meru dan lain-lain. Ini adalah batik yang dipakai oleh Presiden Jokowi saat bertemu dengan SBY di acara peresmia gedung baru KPK beberapa waktu lalu. Ada kepercayaan bila orang sakit menggunakan kain ini sebagai selimut, sakitnya bisa cepat sembuh soalnya tambal itu artinya menambah semangat baru. Oke, sebenarnya masih banyak lagi makna motif-motif batik lainnya yang gak mungkin diselesaikan di sini, hehehe.

Gimana, kamu percaya gak sama makna-makna yang ada dibalik motif batik ini?
Percaya
Gak percaya
198 votes

Komentar

Fresh