Motif Batik yang Populer dan Mendunia | OPINI.id

Selamat Hari Batik Nasional! Coba cek isi lemari pakaian kamu, batik mana yang paling kamu suka? Bangga ya, Indonesia memiliki batik yang diakui secara resmi sebagai warisan dunia. Pengakuan ini merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Yuk kita kenalan dengan motif batik yang populer dan mendunia, apa saja sih? Swipe ya!

Motif Mega Mendung

Enggak asing lagi kan dengan motif ini, sepintas memang terlihat sederhana, tapi memiliki kesan yng mewah dan elegan. Motif Mega Mendung dari Cirebon ini memiliki nilai-nilai filosofi yang sangat luhur dan penuh makna. Batik mega mendung ini bahkan pernah dipakai sebagai sampul buku berjudul “Batik Design” yang ditulis oleh seorang seniman Belanda bernama Pepin van Roojen

Motif Batik Sogan

Umumnya didominasi oleh warna gelap seperti hitam dan cokelat. Proses epwarnaannya menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga yang menjadi awal mula motif ini dinamakan batik sogan.

Motif Batik Tujuh Rupa

Batik Pekalongan menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi pengaruh budaya luar dan juga mampu mengadaptasi pengaruh Batik Pedalaman. Kental dengan nuansa alam, biasanya motif ini menampilkan gambar hewan atau tumbuhan yang diambil dari berbagai campuran kebudayaan lokal dan etnis cina. Pekalongan adalah tempat transit para pedagang dari berbagai negara sehingga akulturasi budaya yang tergambar pada motif batiknya sangat kental.

Motif Batik Parang

Batik Parang merupakan salah satu motif batik yang paling tua di Indonesia. Batik ini merupakan batik asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo). Memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak. Batik Parang juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, maupun bentuk pertalian keluarga.

Motif Batik Keraton

Awalnya batik ini hanya dipakai warga keraton saja, namun kini umum digunakan siapa saja. Motif ini melambangkan kearifan, kebijaksanaan serta kharisma raja-raja jawa. Ciri motif keraton dari Yogyakarta Motif batik keraton dari Yogyakarta yaitu motif yang simetris.

quote-mark

“Love is like a batik created from many emotional colors, it is a fabric whose pattern and brightness may vary.”― Diane Ackerman, A Natural History

Komentar

Fresh