Nilai Plus Kalau Kamu Jadi PNS | OPINI.id

Siapa yang punya cita-cita jadi PNS? Atau orangtua kamu yang punya cita-cita supaya anaknya jadi PNS? Coba simak beberapa nilai plus kalau kamu jadi PNS berikut ini:

Jam kerja lebih pendek

Menurut Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 1995 tentang Hari Kerja di Lingkungan Lembaga Pemerintah (Keppres 68/1995), ketentuan kerja untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu ditetapkan 5 (lima) hari kerja mulai hari Senin sampai dengan hari Jumat atau 37,5 jam seminggu atau 7,5 jam sehari. Nah, lumayan kan bedanya 30 menit sehari. Kalau seminggu, sebulan?

Gaji dan banyak tunjangan

Kenaikan gaji PNS tidak hanya disesuaikan dengan UMK/UMR, tapi juga dengan kenaikan inflasi di daerah tempat PNS tersebut bertugas. Selain itu banyak tunjangan yang didapatkan seperti kesehatan, seragam, transportasi.

Kesempatan untuk pindah kota

Buat kamu yang senang menerima tantanga, pekerjaan PNS sepertinya cocok buat kamu karena kesempatan untuk pindah lokasi kerja (kota) pun terbuka. Jadi PNS disebut-sebut akan memberikan fleksibilitas untuk pindah dari instansi satu ke lainnya.

Bersekolah lagi tanpa harus resign

Kalau kamu ingin meningkatkan gelar, kesempatan untuk bersekolah lagi sangat terbuka lebar saat menjadi PNS tanpa harus berhenti bekerja. Tak menutup kemungkinan juga banyak instansi yang bisa memberikan kamu beasiswa namun nanti setelah lulus kamu harus bekerja di instansi tersebut.

Tidak ada kata PHK

PHK tidak berlaku bagi PNS, kalau seorang PNS tak lagi dibutuhkan di suatu instansi, mereka akan dipindahkan ke instansi lainnya. Ya, kecuali kamu melakukan kesalahan yang sangat fatal sih.

Jaminan pensiun

Sesuai PP 11/2017, seorang PNS akan memasuki masa purnabakti setelah berusia 58, 60, atau 65 tahun tergantung posisi yang dipegangnya dan mereka akan mendapatkan jaminan pensiun yang telah disesuikan dengan undang-undang yang berlaku.

Gimana menurut kamu? Tertarik gak jadi PNS?
Tertarik
Engga
1868 votes

Komentar (1)

Fresh