Katanya, Para Idola Berkumpul di Ekskul ini! | OPINI.id

Apakah ada diantara kalian ada yang masih beranggapan kalau sekolah hanya sekedar belajar akademik? Wah, sayang sekali kalau iya. Sekolah dapat dijadikan sebagai tempat untuk menunjukkan kebolehan kamu di luar kelas lho!. Apalalagi saat ini kamu sudah menginjak bangku SMA, cobalah membiasakan diri untuk dalam berbagai organisasi baik di sekolah ataupun di luar sekolah. Sebagai permulaan kamu bisa dengan mencoba mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolahmu.

1. Basket

Cabang olahraga satu ini sepertinya selalu ada dalam setiap daftar ekstrakulikuler di SMA. Jadi, tak heran jika ekstrakulikuler yang satu ini selalu ramai anggota. Kalau kamu belum masuk sebagai tim inti, jangan berkecil hati. Percayalah semuanya membutuhkan proses. Jadi tetap semangat ya!

2. Cheerleader

Kamu pernah membaca novel-novel remaja Indonesia? Atau menonton film remaja? Sering kali tokoh cewek remajanya yang diceritakan jadi populer berkat cheerleader. Biasanya mereka tampil untuk menyemangati tim basket sekolah yang akan bertandng. Meski didominasi oleh anggota cewek, tidak menutup kemungkinan bagi kaum cowok untuk bergabung dengan ekstrakulikuler satu ini, kok.

3. Jurnalistik

Apakah di sekolahmu ada ekstrakulikuler jurnalistik? Jurnalistik biasanya diikuti oleh kamu yang memiliki hobi menulis. Ekstrakulikuler ini menuntut kamu untuk dapat beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan. Selain itu dengan mengikuti jurnalistik kemampuan kreatifitas kamu akan diasah untuk memikirkan berbagai tema dan konten secara rutin.

4. Paskribraka

Estrakulikuler ini dijamin dapat membuat kamu populer. Hal itu dikarenakan tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) inilah yang selalu dipercaya untuk menjadi petugas upacara di sekolah. Ekstrakulikuler yang satu ini menuntut kamu untuk disiplin. Jika performa kamu menonjol, bukan tidak mungkin kamu akan dipilih untuk menjadi paskibraka pada tingkat regional hingga nasional.

5. Paduan Suara

Kalau cheerleader mendampingin tim basket ketika bertanding, maka biasanya tim paduan suara akan ikut menemani paskibraka ketika upacara di sekolah. Saat upacara, umumnya ada sesi pembawaan lagu-lagu nasional. Nah, tim ekstrakulikuler inilah yang melakukannya. Selain itu, saat ini banyak kompetisi paduan suara tingkat SMA yang diadakan di dalam maupun luar negeri, lho. Jika beruntung, kamu bisa menjadi salah satu yang terpilih untuk mewakili.

Ekstrakulikuler Pilihanmu

Setiap SMA pastinya memiliki pilihan ekstrakulikuler yang berbeda, tapi lima ekstrakulikuler di atas umumnya hampir selalu tersedia di sekolah manapun. Untuk menambah wawasan dan pengetahuanmu, tanyalah pada kakak kelas yang bergabung dengan ekstrakuliker favorit kamu. Lebih dari sekedar populer, ekstrakulikuler akan membuat kamu mendapatkan banyak kesempatan baru dan seru!

Komentar

Fresh