Review 4 Hal Ini Jika Kamu Investor Saham | OPINI.id

Seorang investor yang terjun ke pasar modal dan melakukan transaksi jual-beli saham kerap menyepelekan apa yang dinamakan dengan review atau tinjauan secara berkala atas apa saja yang selama ini dilakukan dalam bertransaksi. Padahal, yang namanya review itu sangat penting. Dengannya investor bisa mengetahui apakah investasi saham yang dilakukan selama ini sudah sesuai dengan harapan atau belum. Berikut ini 4 hal yang harus direview, jika kamu investor yang baik:

1. Pilih Trader atau Investor

Setelah sekian lama berkecimpung dengan jual-beli saham, tentunya kamu tahu lebih cocok sebagai trader atau investor. Sadari hal ini melalui review yang bisa dilakukan secara berkala, entah tiap bulan, tiap tiga bulan atau enam bulan atau pertahun. Review ini sangat bermanfaat karena jikalau selama ini telah menjadi trader tapi hasilnya tidak memuaskan maka dengan mencoba menjadi investor bisa jadi lebih menguntungkan. Begitu juga dengan sebaliknya.

2. Review hasil

Dalam jangka waktu tertentu, bisa seperti jadwal review di atas, tentunya yang namanya review itu efektif untuk mengecek apakah hasil saham selama ini memuaskan atau tidak. Jika belum memuaskan, sudah pasti perlu dicari penyebabnya. Jika merasa sudah memuaskan, tentunya diperlukan langkah-langkah baru untuk makin meningkatkan hasil.

3. Review strategi

Entah kamu menjadi investor atau trader, tentu yang namanya strategi itu penting dalam investasi atau trading. Strategi ini biasanya merupakan panduan tentang saham apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli dan kapan menjualnya. Strategi ini perlu direview secara berkala dengan alasan-alasan yang rasional, terukur dan komprehensif.

4. Review portofolio

Kumpulan saham yang dimiliki disebut dengan portofolio. Mengatur ulang penyusunan saham yang masuk ke portofolio sangat diperlukan untuk menentukan potensi untung-rugi di masa mendatang. Oleh sebab itu, saham-saham yang semisal tidak layak dipertahankan dijual saja. Cara mereview kelayakan saham ini tentu saja berdasarkan apa yang dinamakan dengan analisis fundamental dan analisis teknikal. Untungnya, analisis ini kini makin dimudahkan dilakukan dengan kehadiran platform IPOTSTOCK. Selain menyediakan kenyamanan investasi saham online di pasar saham dengan teknologi tools modern untuk mengatur return terbaik, platform ini didukung fitur dan tools analisis andal ditambah dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang komprehensif sehingga memudahkan dalam memilih dan menentukan saham-saham yang terbaik dalam cuan.

Komentar

Fresh