Fenomena Honjok Di Korea Selatan | OPINI.id

Di Korea Selatan terjadi sebuah fenomena bernama honjok. Fenomena ini memberi gambaran mengerikan terhadap tuntutan hidup yang tinggi dan perkembangan teknologi yang pesat terhadap gaya hidup anak-anak muda di sana...

Apa Itu Honjok ?

Hon artinya sendiri dan jok artinya suku/generasi. Jadi honjok artinya generasi penyendiri. Fenomena ini awalnya pernah muncul di Jepang, sekarang fenomena ini muncul, bahkan merebak di Korea Selatan, dimana anak-anak muda di sana lebih suka beraktivitas sendiri.

Generasi YOLO

Para pengikut budaya honjok sangat percaya dengan kata YOLO (You Only Live Once)/kamu hanya hidup sekali. Mereka percaya kerja keras, bersosialisasi tidak akan membuat mereka bahagia. Dan karena hidup ini cuma sekali, kenapa harus dihabiskan untuk/dengan orang lain.

Fasilitas Honjok

Banyak fasilitas/jasa di Korea sekarang ramah untuk pengikut honjok. Bioskop untuk nonton sendiri, restoran untuk makan sendiri, sampai jasa tour-travel untuk mereka yang ingin berwisata sendiri.

Jomblowati Meledak Di Korea

Akibat dari fenomena honjok ini, tingkat jomblowati di Korea Selatan mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah. Lebih dari 50% wanita tidak merasa menikah itu penting. Dan 28% wanita dewasa di Korea tercatat tidak menikah.

Pernikahan Sendiri

Sampai titik terparahnya ada yang namanya single wedding. Dimana seseorang membuat pesta pernikahan untuk menikah dengan dirinya sendiri.

Akankah Fenomena Ini Merebak Ke Indonesia ?
Bisa banget
Mungkin, beberapa tahun lagi
Ga akan lah
7307 votes

Sumber

https://edition.cnn.com/style/gallery/south-korea-photographers-capture-loneliness https://qz.com/1024923/exhausted-by-the-herd-single-south-koreans-are-gingerly-embracing-the-yolo-lifestyle/

Komentar (8)

Fresh