Bus Tingkat Jakarta | OPINI.id

Sarana transportasi darat yang dikenal dengan nama Double Decker atau bus tingkat ini sempat menghiiasi Ibukota Jakarta saat Orde Baru. Sayang, bus ini menghilang saat krisis moneter melanda.

Leylan Titan: Bus Tingkat Pertama di Indonesia

Nostalgia itu memang seru, apalagi jika membahas sesuatu hal yang menarik di masa lalu. Seperti halnya tentang transportasi darat bus tingkat atau yang akrab disapa double decker.

Bicara tentang double decker pasti generasi jadul pernah merasakan nikmatnya naik bus tingkat di Ibukota yang kala itu belum terlalu macet parah. Nah, ternyata pabrikan bus tingkat yang pertama kali beredar di Ibukota ini itu adanya di Inggris.

Leyland adalah bus tingkat pertama yang ada di Indonesia. Kehadiran bus tingkat ini berkat campur tangan pemerintah Australia yang pada saat itu memberikan bantuan 250 bus Leyland Comet Single decker. bus bantuan ini digunakan untuk menunjang sistem transportasi Kota Jakarta dan dioperasikan oleh PPD.

Pada tahun 1968, masuklah bus tingkat pertama di Indonesia yaitu Leyland Titan. Ini adalah seri bus tingkat dengan mesin depan. Dengan panjang 9 meter, lebar 2,5 meter, tetap saja bus ini ringan karena terbuat dari bahan fiberglass bukan besi.

Bus Tingkat Generasi Kedua di Jakarta

Jika sebelumnya ada bus tingkat Leyland generasi pertama, kini hadir juga bus tingkat generasi kedua. Kehadiran bus tingkat generasi kedua ini gak lepas dari bantuan mantan Presiden Soeharto.

Pada tahun 1983, Pemerintah Indonesia dapat hibah bus tingkat dari pemerintah Inggris merek Leyland. Rumornya, ini adalah bentuk timbal balik dari pembelian pesawat tempur Inggris.

Di Jakarta sendiri bus ini dikelola Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) sedangkan pengelolaan diluar Jakarta dikelola oleh Perum DAMRI (Semarang dan Surabaya).

Mesin Andalan Bus Tingkat Generasi Kedua

Jika pada bus tingkat Leyland generasi pertama mengandalkan mesin depan, pada bus tingkat generasi kedua ini udah nggak lagi.

Mesinnya sekarang sudah berada di bagian belakang. Meski begitu mesin ini punya 6 silinder seri 0680 dengan tenaga 150 hp. Tenaga ini disalurkan via transmisi matic Voith Pneumolyc.

Canggihnya lagi sistem buka tutup pintunya sudah otomatis dengan sistem pneumatis yang diatur oleh sang pengemudi.

Bus Tingkat Berakhir di Tahun 1990

Pada tahun 1990 bus tingkat ini mulai di non aktifkan. Jika dihitung, berarti kita hanya menikmati double decker ini selama 10 tahun saja.

Alasannya karena kondisinya sudah kurang layak, perawatan kuran baik dan juga harga spare part yang cukup mahal. Gak cuma itu aja, keadaan kondisi buruk pada bus juga menjadikanya penyebab kemacetan di Ibukota.

Pasca penoaktifannya kita hanya bisa mengenang double decker sebagai bagian dari sejarah transportasi keren di Ibukota.

Rute Bus Tingkat Tempo Dulu

Beberapa rute yang pernah dilalui bus tingkat adalah Senen-Blok M, Blok M-Pulo Gadung dan Blok M-Kota. Kini bus tingkat sudah tidak bisa lagi ditemui di Jalan Ibukota. Semua sumber foto: awansan.com

Bus Tingkat Jadi Tren Lagi

Bus tingkat atau yang dikenal dengan julukan double decker ini mulai jadi tren lagi. Kehadiran bus tingkat ini mengobati rindu para pengguna transportasi darat.

Apalagi, double decker udah jarang ada terhitung sejak krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1995. Seperti diketahui, pertama kali bus double decker ini jadi tren sejak Orde Lama dan populer tahun 1980-an. Kini PO simpati Star keluarkan lagi double decker pada tahun 2015.

Kini Jakarta sudah punya lagi bus tingkat. Kehadirannya gak hanya obati rindu saja, tetapi juga dianggap bisa mengurai kemacetan soalnya kapasitas bus ini lebih besar.

Subscribe di sini: https://www.youtube.com/c/OpiniID untuk ngeliat video nyinyir/informatif/motivasi

Bus Tingkat Baru Jakarta

Kini, Jakarta kembali punya double decker lagi loh! Bus tingkat yang disediakan gratis oleh Pemrov DKI Jakarta ini punya rute wisata yang bisa dimanfaatkan semua orang untuk berkeliling secara gratis.

Ada tiga tema pada bus tingkat ini, pertama wisata sejarah, kuliner, dan belanja. Bus rute sejarah beroperasi pada hari Minggu pukul 12.00 hingga 20.00 dan dilengkapi dengan GPS sehingga ketika melewati museum atau gedung bersejarah akan ada pengeras suara yang menceritakan bangunan tersebut.

Sementara itu, rute wisata kuliner beroperasi pada Sabtu pukul 17.00 hingga 23.00 untuk mengunjungi lokasi yang terkenal untuk makan serta melihat kehidupan ibu kota di malam hari. Rute wisata belanja pada Minggu pukul 12.00-20.00 akan mengeksplorasi Jakarta sebagai kota metropolitan.

Gimana keren banget kan?

Komentar

Fresh