Lubang Misterius Karena Meteor? | OPINI.id

Minggu lalu heboh berita lubang misterius Kampung Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kec. Kadudampit Sukabumi, Jawa Barat. Sampai ada omongan ini adalah hasil meteor. Apa benar begitu?

quote-mark

Lubang misterius ini punya diameter 2,5m dan kedalaman 3,2m.

Penjelasan Ilmiah

Tapi Badan Geologi segera klarifikasi. Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) memastikan lubang terjadi akibat tanah yang terkikis. Gejala alam ini karena ada terowongan air di bawah tanah.

Perlu Perbaikan Drainase

PVMBG juga mencatat sistem drainase yang kurang baik, juga tata guna lahan berupa sawah yang jenuh air. PVMBG mekomendasikan agar dibuat batas batas pengaman di sekitar terjadinya amblesan tanah sawah. Saluran atau terowongan air yang masih tersisa juga disarankan agar dibuka atau dibuat kontruksi yang memadai.

Masuk Wilayah Gunung Api Berbatu

Lokasi amblesan yang terletak pada lereng selatan bagian bawah Gunung Gede tersebut berelevasi 774,3 mdpl, dengan kemiringan lereng sekitar 15 persen. Lokasi tersebut merupakan lahan persawahan produktif. "Berdasarkan pengamatan di lapangan lokasi kejadian berada pada tanah lapukan batuan gunungapi berupa pasir tufaan, dengan karakteristik tanah lapuk berwarna kuning kecoklatan, kurang padu, agak gembur, karena penggunaan lahan di atasnya berupa sawah, maka tanah tersebut jenuh air," kata Pj. Fungsional Perekayasa PATGTL, Rustam.

Komentar

Fresh