Tanda Kamu Harus Segera Mengajukan Cuti | OPINI.id

Kamu boleh saja bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kamu mau. Misalnya untuk meniti karier dan mewujudkan cita-cita. Tapi jangan sampai pekerjaan kamu mengambil alih kehidupan pribadi.

Coba kenali beberapa tanda kamu perlu mengajukan cuti:

Selalu merasa lelah

Kalau biasanya kamu bisa bangun pagi dengan mudah, kali ini kamu merasa sulit atau malas bangun di pagi hari. Mulai tergantung dengan cafein dan sulit berkonsentrasi.

Gangguan kesehatan

Terlambat makan atau justru terlalu banyak makan. Masalah kesehatan yang sering menggangu adalah nyeri sendi, masalah lambung dan sakit kepala. Badanmu menjadi terlalu kaku untuk melakukan olahraga.

Hubungan interpersonal yang buruk

Hubungan kamu dengan keluarga dan sahabat menjadi lebih jauh. Hanya memiliki sedikit waktu untuk bersama. Bahkan jika sedang bersama mereka, kamu memiliki kecemasan yang berlebihan sehingga ingin cepat-cepat kembali mengurusi pekerjaan.

Didominasi pikiran negatif

Kamu lebih sensitif dengan hal-hal kecil sehingga menjadi mudah gelisah dan stres.

Rutin membawa pulang pekerjaan

Tidak dapat memisahkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Anda mengerjakan pekerjaan di rumah dan tak berhenti memikirkan pekerjaan, bahkan dihari libur sekalipun.

Kinerja kamu menurun

Terlalu banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan dan selalu berusaha mengerjakan semua dengan baik. Namun pada kenyataannya, stamina dan kemampuan otak tidak mendukung. Akhirnya kamu tidak dapat mempertahankan beban kerja tersebut yang berdampak pada penurunan kinerja.

Mudah merasa frustasi

Kamu mudah tersinggung dan merasa frustasi dengan banyak hal. Termasuk dengan hal-hal kecil yang menjadi bagian dari pekerjaan. Bahkan menyerah sebelum kamu mulai untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Apakah sekarang saatnya kamu mengajukan cuti?
Bener, gw harus cuti nih
Ah, enggak juga
162 votes

Komentar

Fresh