#BeraniMimpi Sumbang Air untuk Sikka | OPINI.id

Tidak semua masyarakat Indonesia bisa merasakan nikmatnya menggunakan air bersih. Masyarakat Desa Hepang dan Desa Wolomotong, Sikka, Nusa Tenggara Timur adalah salah satunya.

2000-an Orang Membutuhkan Air Bersih

Sebanyak 2.702 masyarakat di desa tersebut masih berhadapan dengan masalah akses air bersih. Akses air bersih belum sampai ke desa mereka, sehingga mereka sangat bergantung dengan curah hujan. Sayangnya, curah hujan hanya turun kadang 4 bulan dalam setahun dan tidak cukup untuk kebutuhan setahun. Data menunjukkan hanya 21,8 persen masyarakat yang terbiasa cuci tangan karena ketiadaan akses air bersih. Hal ini mengakibatkan tingginya angka diare di beberapa wilayah Sikka.

Ayo Bergerak!

Wahana Visi Indonesia melalui program Berani Mimpi akan membantu masyarakat Sikka untuk mendapatkan air bersih bagi kebutuhan harian mereka. Pipa sepanjang 12 kilometer akan menjadi tujuan utama dari program ini Berani Mimpi x Air untuk Sikka. WVI mengajak kamu untuk melakukan suatu tindakan dengan menjadi campaigner Berani Mimpi lewat situs web www.beranimimpi.id. Dengan menjadi campaigner, kamu bisa melakukan penggalangan dana secara massal. Seratus ribu rupiah yang kamu sumbangkan bisa membangun 1 meter pipa untuk Desa Hepang dan Wolomotong. Semakin banyak dana yang terkumpul, maka semakin besar kesempatan masyarakat kedua desa tersebut untuk mendapatkan air bersih langsung di area tempat tinggal mereka.

Voluntourism Activity

Tiga orang pemenang yang berhasil mengumpulkan dana terbanyak akan diundang mengikuti Voluntourism Trip ke Sikka, Nusa Tenggara Timur untuk berbagi inspirasi sambil menikmati keindahan alamnya. Kamu bisa mengikuti program ini sejak 17 Agustus – 10 Oktober 2018. Pemenang akan diumumkan pada 26 September 2018 dan berangkat menuju Sikka pada 25-29 Oktober 2018.

Move For Water - Bergerak Bersama Wujudkan Air Bersih untuk Sikka

Move for Water merupakan rangkaian kampanye #BERANIMIMPI melalui kegiatan olahraga, dengan konsep penggalangan dana untuk mendukung akses air bersih dengan pembangunan pipa bagi anak-anak dan masyarakat di Desa Hepang dan Desa Wolomotong, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Anak-anak di desa ini harus berjalan 3-4 kilometer setiap harinya sambil membawa jeriken untuk mengambil air. Kondisi ini disebabkan oleh keterbatasan akses dan ketersediaan air bersih di kedua desa tersebut.

Komentar

Fresh