PNS Korup Kok masih digaji? rugi negara | OPINI.id

Waduh, negara aturannya lucu. Masa ada pegawai negeri sipil (PNS) yang tersangkut kasus korupsi tapi masih digaji sih, bisa rugi nih negara.

Koruptor masih digaji, negara rugi miliaran

Ada fakta mengejutkan yang bikin kita semua jadi gregetan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) ungkap jika masih ada pegawai negeri sipil (PNS) yang kena korupsi tapi masih dapat gaji, wtf? Jelas ini menimbulkan kerugian bagi negara. Meski belum jelaska secara rinci, Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian BKN Nyoman Arsa menyebut jika negara rugi karena terus bayar gaji PNS korups tersebut. Meski tak bisa memberi angka kerugian pasti, namun Nyoman menjelaskan cara penghitungan dari kerugian negara berdasarkan gaji yang dibayarkan. Dia memberi contoh, bila penghasilan terendah yang diambil PNS sebesar Rp 7 juta maka kemudian dikalikan 307 PNS yang terlibat kasus korupsi. Jika dihitung, nilai tersebut mencapai angka Rp 2,14 miliar, untuk per bulannya. Dirinya pun menjelaskan, per Juli 2018 setidaknya ada 307 PNS yang sudah diblokir data kepegawaiannya karena terbukti terlibat korupsi.Ironisnya, meski sudah dipecat semua oleh instansinya, tapi masih menerima gaji.

Perketat Instansi yang bersangkutan

PNS korup masih digaji, sudah pasti hal ini akan menimbulkan pertanyaan sejumlah masyarakat. Padahal nih menurut UU no 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara alias Pegawai Negeri Sipil. Para ASN yang melakukan kejahatan jabatan dapat diberhentikan secara tidak hormat. Jadi jika masih ada ASN korup yang masih bekerja atau bahkan sudah dipecat tapi masih terima gaji, sudah pasti ada yang salah. Entah karena sistem dan pengawasannya yang kurang atau mungkin ada hal lainnya. Tapi bisa dipastikan, jika pemberantasan korupsi yang dilakukan secara masif oleh KPK tak akan timbulkan efek jera.

Menurut kamu pantas gak mereka masih digaji?
Gak panteslah
Gpp, kalau blum dipecat
212 votes

Komentar (2)

Fresh