3 hoaks heboh jelang pilpres 2019 | OPINI.id

Jelang pilpres kita seringkali diumpani berita-berita hoaks. Ada yang bisa survive dan gak termakan isu, tapi ada juga orang yang kena hoaks itu.

Nah, ada beberapa hoaks yang sangat heboh jelang pilpres 2019 ini. Sampai, sampai jadi sorotan dari berbagai kalangan deh berita hoaks ini.

1. Ustaz Abdul Somad jadi timses Prabowo-Sandi

Ada pesan singkat WhatsApp (WA) yang berisi daftar-daftar nama juru kampanye nasional paslon Prabowo-Sandiaga. Nah, diurutan kelima ada nama ustaz kondang, Abdul Somad (UAS). Namun, UAS bantah kalau dirinya jadi timses Prabowo-Sandi. Dalam akun Instagramnya, UAS mengunggah daftar nama itu dan melingkari namanya sembari menuliskan 'Hoaks'. Seperti diketahui, awalnya UAS memang digadangkan mendampingi Prabowo maju di Pilpres 2019, namun dia pun menolak karena ingin fokus berdakwah saja.

2. Surat SBY

Ketum Demokrat sekaligus mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga masuk dalam berita hoaks. Ya, ada surat yang beredar mengatasnamakan dirinya. Dalam surat itu berisi sebuah penjelasan terkait kesiapan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Dan ini semua Hoaks karena dibantah oleh Sekjen Demokrat, Hinca Panjaitan.

3. Survei Prabowo-Jokowi

Ada sebuah meme tentang survei Pilpres 2019. Dalam meme terlihat foto Jokowi dan Prabowo disertai logo Indo Barometer dengan hasil survei di Propinsi Jawa Barat, Jawa Tengan, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan. Namun survei ini dibantah oleh pihak Indo Barometer. Mereka menyatakan jika tak pernah melakukan survei apalagi membuat Meme survei seperti yang beredar.

Kamu sendiri gimana caranya atasi berita hoaks?
Baca dulu dan cari sumber lai
Cuekin aja
0 votes

Kamu sendiri gimana caranya atasi berita hoaks?
Baca dulu & cari sumber lain
Cuekin aja
878 votes

Komentar (1)

Fresh