Manfaat Tidur di Lantai | OPINI.id

Membayangkan kasur yang empuk ditemani dengan bantal dan guling memang sangat nikmat, tetapi tak selamanya tidur harus selalu di tempat tidur. Ternyata untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kamu juga bisa mencoba tidur di lantai dengan menggunakan alas karpet atau tikar.

1. Terhindar dari Nyeri Punggung Bawah

Beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa justru tidur di kasur yang empuk akan membuat punggung menjadi sakit. Sebab punggung tidak bisa dibaringkan dengan lurus. Tetapi, jika kamu tidur di lantai, hal ini akan menjaga tulang belakang tetap nyaman dan terhindar dari rasa nyeri berkepanjangan. Bahkan tidur di lantai akan membuat psikis jauh lebih nyaman dan tenang.

2. Mengurangi Rasa Sakit di Bahu

Kebiasaan tidur dengan posisi miring ke berbagai arah dapat mengakibatkan ketegangan dan nyeri saat terbangun. Dengan membiasakan diri tidur di lantai, akan dengan mudah menyingkirkan ketegangan leher, bahu dan rasa nyeri pada punggung.

3. Mengobati Insomnia

Kamu terkena insomnia? Cobalah untuk tidur di lantai. Banyak ahli kesehatan berpendapat bahwa tidur di lantai mampu mengobati penyakit insomnia. Sebab tidur di lantai dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lancar sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan seluruh tubuh. Saat tidur di lantai, maka tubuh pun berbaring lurus tanpa ada bagian yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya. Sirkulasi darah yang lancar juga dapat mempercepat proses penyembuhan saat sakit atau saat ada bagian tubuh yang terasa sakit.

5. Membuat Tubuh Tetap Rileks

Semua orang pasti setuju bahwa tidur di lantai yang dingin mampu memberikan perasaan nyaman. Lepaskan ketegangan dengan tidur di lantai dan kamu akan benar-benar bisa merasakan rileks. Selanjutnya jika kamu rileks, ketegangan juga akan ikut dilepaskan dengan cara tidur di lantai ini pada posisi yang proporsional.

6. Postur Tubuh Jadi Lebih Baik

Tidur di kasur membuat tubuh sering kali berada di posisi yang salah. Namun, jika tidur di lantai maka akan membantu tubuh beristirahat di posisi yang tepat. Selain bermanfaat untuk menyeimbangkan postur tubuh, hal ini juga meningkatkan mental lebih bahagia hingga meningkatkan optimisme.

7. Mencegah Sakit Tulang Belakang

Beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa tulang belakang dapat tetap lurus dan menyesuaikan diri dengan baik di lantai. Nah, tidur di lantai dapat membantu kamu untuk mencegah sakit tulang belakang.

Resiko Tidur di Lantai

Tidur di lantai memang memberikan manfaat bagi kesehatan, namun bila dilakukan terlalu sering tidur di lantai akan membuat tubuh terasa sakit, kemungkinan mengalami demam dan masuk angin. Selain itu, bisa meningkatkan ancaman terhadap serangga dan kuman, yang bisa kapan saja menggigit dan menyebabkan penyakit tertentu. Bahkan ada sebagian orang mengalami mimpi buruk ketika mencoba tidur di lantai.

Sumber:

https://doktersehat.com https://www.liputan6.com/health https://www.alodokter.com https://hellosehat.com/parenting/ https://www.vemale.com/kesehatan/

Komentar

Fresh