Daging kambing vs Sapi kolesterol mana? | OPINI.id

Orang banyak yang takut mengkonsumsi daging kambing lantaran mengandung kolesterol yang tinggi dibandingkan daging sapi. Nah, tapi sebenarnya mana sih yang lebih banyak kolesterolnya.

Fakta Daging Kambing dan Sapi

Seperti dilansir kompas, Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Johanes Chandrawinata, SpGK mengatakan jika daging kambing lebih menyehatkan bagi tubuh, wah kok bisa ya! Itu justru karena daging kambing punya kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi yang pada umumnya berlemak. Tapi ingat, daging yang dimaksud adalah murni daging merah, tidak termasuk jeroan seperti usus, babat, bahkan otak. Semua itu tak sama loh! Dalam takaran 100 gram daging, lemak daging kambing hanya 3,03 gram, sementara lemak daging sapi 7,72 gram. Kolesterol daging kambing juga sedikit lebih rendah, yakni 75 miligram, dan kolesterol daging sapi 80 miligram.

Zat besi lebih banyak dan tak sebabkan darah tinggi

Percaya atau tidak, daging yang kerap dihindari setiao orang terutama saat hari raya Idul Adha ini ternyata malah bagus dan sehat. Faktanya zat besi pada daging kambing juga lebih banyak yaitu 3,73 gram, sedangkan sapi hanya 2,24 miligram. Kemudian, seng (zinc) pada daging kambing sebesar 5,27 miligram dan sapi 4,61 miligram. Gak hanya itu saja, bahkan kepercayaan orang terkait tekanan darah yang meningkat jika mengkonsumsi daging kambing juga dianggap mitos. Soalnya nih, kalau mengkonsumsi satu kilogram daging kambing tak akan mendatangkan darah tinggi. Asal dagingnya bagus dan tidak dibarengi dengan jeroan.

Kamu suka daging kambing apa sapi?
Kambing
Sapi
146 votes

Komentar

Fresh