Waduh, gak ada e-ktp dicoret saat pemilu | OPINI.id

Ada statement greget yang akhirnya dikomentari netizen. Apalagi kalau bukan persoalan e-ktp.

Soalnya nih, Dukcapil bakal minta kpu untuk mencoret masyarakat yang tak mengurus, padahal update dari lembaga yang bersangkutan aja gak ada!

Warga gak ada e-ktp salah siapa?

Sudah kewajiban memang sebagai warga negara Indonesia kita memiliki e-ktp, tapi apa daya jika sampai sekarang masih banyak e-ktp yang tak tahu kemana. Alhasil, banyak warga Indonesia yang gak punya e-ktp. Apalagi jelang pilpres dan pileg mendatang nih, e-ktp itu penting banget soalnya bisa digunakan sebagai hak pilih. Ini semua sudah ada diaturannya. Bahkan disampaikan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh yang ada di UU nomor 7 tahun 2017. "Khusus untuk pileg dan pilpres, undang-undangnya bilang bahwa untuk mencoblos harus membawa e-KTP. Ini perintah Undang-Undang, bukan Dukcapil. Jadi, bagi penduduk yang belum memiliki e-KTP, maka hak memilihnya hilang," tegas Zudan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/8). Zudan juga mengajak KPU untuk bertindak tegas dan ikut amanat UU sambil mengawal jalannya pemilu. Sehingga semua warga negara bisa menggunakan hak pilih sesuai kewenangan. Gak tanggung-tanggung. Dirinya memberitahu KPU agar tidak perlu ragu dan bingung jika ada warga yang gak ngurus e-ktpnya. "KPU tidak perlu ragu dan bingung. Coret saja masyarakat yang memang tidak mengurus e-KTPnya," pungkasnya.

Netizen Protes Kebijakan e-ktp

Ucapan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh,terkait aturan e-ktp yang tertulis dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, tuai protes. Dia juga meminta KPU agar tak ragu dan bingung untuk mencoret masyarakat yang tak mengurus e-KTPnya. Tentu saja bikin sejumlah netizen protes. Banyak yang beranggapan jika sebenarnya masyarakat itu sudah mengurus. Hanya saja selalu mendapatkan jawaban jika blanko secara terus menerus.

Kamu sendiri setuju gak sama aturan ini?
Gak setuju
Setuju aja
44 votes

Komentar

Fresh