Sepakbola Indonesia Tak Berprestasi? | OPINI.id

Ini adalah cabang olahraga yang paling digemari. Bahkan Indonesia termasuk sebagai negara yang punya minat besar akan sepakbola. Namun, tingginya animo masyarakat gak dibarengi dengan kualitas sepakbola baik dari klub dan timnas.

Prestasi Sepakbola Makin Buruk!

Bukan makin bagus, tapi justru permainan sepakbola Indonesia makin menurun. Mulai dari yang senior sampai yang junior. Meski tim U-16 berhasil juaral AFF 2018. Gak bisa dipungkiri, something wrong with Indonesia football. Bahkan menurut Indra Sjafri beberapa waktu lalu. Rasa cinta terhadap negara ikut mempengaruhi mental dan prestasi di olahraga. "Dia mengatakan Indonesia sering kalah atau negara-negara berkembang sering kalah, karena mereka tidak mencintai negaranya. Nah inilah sebabnya," kata Indra. Prestasi sepakbola yang semakin tak bergairah ini juga semakin terlihat jelas saat Timnas Indonesia terakhir kali menjadi juara pada SEA Games 1991. Waktu 26 tahun tidak pernah juara tentu sudah terlalu lama. Kebayang kan?

Usia Muda Berprestasi, Senior Melempem!

Tak bisa dipungkiri kalau usai dini dan usia muda adalah masa pembentukan. hasilnya baru akan terlihat di kemudian hari saat mereka bertumbuh menjadi pemain senior. Ketidaksuksesan timnas senior kita dan banyaknya pemain berlabel profesional dan timnas yang bergaya hidup amatiran (tidak menjaga konsumsi makanan yang sesuai, tidak disiplin, dan lain-lain) menunjukan secara jelas bahwa pembinaan pemain usia dini dan usia muda gagal total. Pembinaan adalah fondasi timnas senior dan di Indonesia pembinaan tidak berjalan dengan baik dan sistematis. Alhasil kegilaan masyarakat Indonesia kepada sepakbola dan jumlah penduduk Indonesia yang begitu banyaknya tidak menghasilkan apa-apa. Potensi pemain Indonesia yang sebenarnya dan sejujurnya luar biasa pada akhirnya tidak bisa diraih. Hal ini dikarenakan pemain bukan hanya dilahirkan (memiliki bakat alam sebagaimana begitu banyak pemain di Indonesia), tapi juga diciptakan melalui latihan yang berkualitas, pendidikan dalam hal kepribadian dan ilmu pengetahuan (dalam hal ini sport science) serta kompetisi dan turnamen yang dilakukan dengan konsiten, jujur, sportif, dan tidak mengada-ada (sehingga tidak menipu diri dan bangsa Indonesia). Sumber detiksport

Sepakbola Indonesia semakin maju apa mundur?
Maju
Mundur banget
Biasa aja
179 votes

Komentar (1)

Fresh