Kenapa Menabung Itu Penting? | OPINI.id

Apakah kamu salah satu orang yang rasanya sulit sekali untuk menabung? Mau menyisihkan sedikit setiap hari, tapi sepertinya masih banyak kebutuhan, ya. Menabung memanglah hal yang sulit dilakukan banyak orang. Jika ditelusuri lebih jauh, kemungkinan salah satu penyebab sulitnya menabung adalah karena kebiasaan yang tidak ditanam sejak dini. Nah, daripada kamu galau terus-terusan mau nabung atau tidak, simak dulu deh di bawah ini manfaat rajin menabung sejak yang harus kamu ketahui.

1. Melatih Perencanaan & Membantu dalam Kondisi Darurat

Untuk mendapatkan sesuatu kita membutuhkan perencanaan seperti menabung selama rentan waktu tertentu dan berapa uang yang harus kita sisihkan setiap hari untuk mendapatkan hal yang kita inginkan. Dengan begini, kita secara tidak sadar memupuk keterampilan perencanaan manajemen keuangan pribadi untuk mencapai apa yang kita inginkan. Selain itu, selain melatih perencanaan, manfaat rajin menabung pun akan sangat membantu kita jika terjadi kondisi darurat. Misalnya saat harus membeli kamus seharga 600 ribu atau mungkin sakit dan butuh berobat. Dengan adanya tabungan, meski sedikit, kamu tidak perlu merepotkan orangtua lagi jika memang cukup digunakan. Keren banget kan kalau kamu bisa mengatur keuanganmu sendiri dari sedini mungkin?

2. Menanamkan Kesabaran

Manfaat rajin menabung yang kedua adalah bisa menanamkan kesabaran karena seperti yang dijelaskan pada poin pertama, bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita membutuhkan pengorbanan berupa uang yang disisihkan setiap hari dan waktu yang lama agar uang tersebut terkumpul. Selain itu, latihan kesabaran ini juga nantinya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita lho. Misalnya kita jadi bisa lebih sabar menunggu barang yang kita inginkan datang, bisa lebih sabar kalau ada antrian, dan lain-lain. Dengan begini, tentu saja kamu akan berkembang menjadi karakter yang lebih baik dan penuh kesabaran.

3. Memiliki Mental Sederhana dan Tidak Boros

Secara tidak langsung, manfaat rajin menabung lainnya yang akan kamu rasakan adalah kamu akan berpikir dua kali tiap kali mau mengeluarkan uang. Kamu semakin bisa membedakan mana ‘kebutuhan’ dan mana yang hanya sekadar ‘keinginan’ saja. Tetapi jangan salah sangka, ini bukan berarti pelit, lho. Dengan terbiasa menabung, kamu akan belajar betapa pentingnya menentukan sebuah prioritas ketika hendak mengeluarkan uang.

4. Andal Menata Keuangan

Nah, kalau kamu sudah terbiasa menabung, kamu akan semakin andal menata keuanganmu. Kamu jadi lebih bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran mingguan atau bulananmu sehingga tidak kebablasan. Tanpa kemampuan menata keuangan, bisa-bisa peribahasa ‘lebih besar pasak daripada tiang’ terjadi dalam kehidupanmu. Kemampuan ini nantinya bisa membuat kamu lebih matang dalam mengatur keuangan. Penulis: Habsi Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/manfaat-rajin-menabung/

Mari, Latih Pertajam Pikiran Kita dengan Peta Gagasan!

Tahun ajaran baru, pastinya semangat baru juga dong untuk belajar. Nah berikut merupakan salah satu senjata utama pelajar abad 21 yang mungkin bisa kamu ikutin. Tahu ngga sih apa itu peta gagasan? Peta gagasan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai mind map. Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak informasi berikut ini!

Apa Itu Peta Gagasan?

Pada dasarnya mind map adalah diagram yang menghubungkan informasi seputar subjek utama. Anggaplah seperti pohon, Quipperian. Dalam hal apapun, di pusat adalah ide utama Anda, katakanlah, puisi, dan cabang-cabangnya adalah subtopik atau gagasan terkait, seperti jenis puisi, penyair terkenal, dan publikasi puisi. Tingkat yang lebih tinggi dari cabang-cabang detail dari sana dan cabang-cabang dapat dihubungkan bersama. Salah satu cara sederhana untuk memahami mind map adalah dengan membandingkannya dengan peta kota. Pusat kota mewakili gagasan utama; jalan utama yang memimpin dari pusat merepresentasikan pemikiran kunci dalam proses berpikir Anda; jalan sekunder atau cabang mewakili pemikiran sekunder Anda, dan seterusnya. Gambar atau bentuk khusus dapat mewakili tanda yang menarik atau gagasan yang sangat relevan.

Kegunaan Peta Gagasan

Mind map dapat digunakan untuk hampir semua pemikiran atau tugas belajar, dari mempelajari subjek (seperti bahasa baru) untuk merencanakan karir Quipperian atau bahkan membangun kebiasaan yang lebih baik. The Asian Effeciency Blog menawarkan beberapa cara yang tidak biasa untuk menggunakan mind map yang mungkin tidak Quipperian pertimbangkan: membuat bank pengetahuan (karena perangkat lunak pemetaan pikiran memungkinkan Quipperian melampirkan file dan menambahkan tautan), memecahkan masalah (seperti yang digunakan kartu kredit), membuat ringkasan buku, dan tentukan gol. Mereka juga bagus untuk digunakan oleh tim, untuk curah gagasan kelompok dan presentasi interaktif. Hal yang hebat tentang pemetaan pikiran adalah Quipperian dapat meletakkan ide-ide Quipperian dalam urutan apa pun, segera setelah mereka muncul di kepala Anda. Quipperian tidak dibatasi oleh pemikiran dalam rangka. Sederhananya, buang semua ide, kemudian khawatirkan reorganisasi nanti.

Tips Membuat Peta Gagasan

Semua mind map memiliki beberapa kesamaan. Mereka memiliki struktur organisasi alami yang memancar dari pusat dan menggunakan garis, simbol, kata-kata, warna dan gambar sesuai dengan konsep sederhana yang ramah otak. Pemetaan pikiran mengubah daftar panjang informasi monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat teratur yang bekerja sesuai dengan cara alami otak Quipperian dalam melakukan berbagai hal. 7 Langkah Membuat Peta Gagasan: 1. Mulai di PUSAT halaman kosong menuju ke samping. Mengapa? Karena memulai di pusat memberikan kebebasan otak Quipperian untuk menyebar ke segala arah dan mengekspresikan dirinya secara lebih bebas dan alami. 2. Gunakan GAMBAR untuk ide utama Anda. Mengapa? Karena sebuah gambar bernilai seribu kata dan membantu Quipperian menggunakan imajinasi Anda. Gambar sentral lebih menarik, membuat Quipperian tetap fokus, membantu Quipperian berkonsentrasi, dan memberi otak Quipperian lebih banyak buzz! 3. Gunakan WARNA di seluruh aspek. Mengapa? Karena warna sama menariknya bagi otak Quipperian seperti juga gambar. Warna menambah semangat dan kehidupan ekstra ke mind map-mu, menambah energi luar biasa untuk berpikir kreatif dan menyenangkan!

Komentar (1)

Fresh