Cara Seru Ajarkan Nasionalisme ke Anak | OPINI.id

Mengajarkan anak/ adik kita untuk memperkuat nasionalisme, sebenrnya gampang-gampang susah. Gampang kalau kita mau sama-sama belajar, sulit kalau kita sendiri sebagai generasi muda mulai meninggalkan nilai-nilai nasionalisme itu sendiri. Yuk, perkuat nasionalisme bersama adik/ keponakan/ anak kita tercinta. Simak tipsnya!

Menonton film edukasi Indonesia

Industri perfilman di Indonesia tak kalau dengan negara lain, loh. Banyak film lokal yang bagus untuk ditonton bersama adik/ keponakan kita. Contohnya, film Kartini dan Soekarno yang menceritakan jasa pahlawan nasional, atau film Laskar Pelangi dan Cahaya dari Timur yang bisa menyemangati anak untuk belajar dan berprestasi setinggi mungkin.

Mengunjungi museum

Tak melulu harus mengakan adik/ keponakan kita jalan-jalan ke mal. Sekali-kali kita bisa mengajak mereka untuk mengunjungi museum. Berdasarkan riset dari Mary Ellen Munley, anak kecil yang mengunjungi museum lebih mudah mempelajari hal-hal seperti sejarah dan biologi, karena mereka dapat melihat dan menyentuh langsung obyek yang ada di dalamnya. Ini berbeda dengan pembelajaran di sekolah yang bersifat teoritis. Bukan hanya untuk anak-anak loh, kita juga bisa meningkatkan wawasan dengan mengunjungi museum dan belajar hal baru atau mengingat kembali apa yang sudah pernah kita pelajari dulu.

Mengenalkan Cerita Rakyat Indonesia

Sudahkah anak-anak zaman sekarang mengenal cerita-cerita rakyat seperti kisah Timun Mas, Tangkuban Perahu, dan Rara Jonggrang? Atau jangan-jangan mereka lebih familiar dengan cerita superhero dari Amerika? Nah, ada baiknya kita mulai kenalkan cerita rakyat. Ada banyak hal yang bisa ia pelajari dari cerita rakyat, seperti nilai budaya dan pentingnya berbuat baik kepada sesama. Menurut Times of India, mendongeng untuk anak bisa memberikan banyak manfaat, seperti melatih tingkat imajinasi, kreativitas, hingga kemampuan komunikasi si kecil dalam jangka panjang.

Mencoba Permainan Tradisional

Tak bisa dipungkiri kehadiran gadget membuat anak-anak malas berinteraksi dengan teman sebaya dan malam keluar rumah. Coba ajak mereka mengunjungi mengunjungi Kampung Warna Kolaborasi JAPFA di AEON MALL BSD CITY, pada tanggal 7-11 September 2018 mendatang. Ada berbagai permainan jadul yang bisa dicoba secara cuma-cuma seperti gobak sodor, engklek, kelerang bola bekel, congklak, dan lain-lain. Permainan tersebut dapat menumbuhkan jiwa sportivitas dan kerjasama.

Wisata Kuliner Indonesia

Selain banyak permainan tradisional yang bisa anak-anak coba di Kampung Warna Kolaborasi JAPFA di AEON MALL BSD CITY, pada tanggal 7-11 September 2018 mendatang, kamu juga bisa mengajak mereka untuk menikmati kuliner Indonesia. Biarkan mereka berkelana dan mengeksplor keberagaman hidangan Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Terdapat juga Ladang Kreasi yang menampilkan kekayaan rempah nusantara dan workshop lainnya seperti menanam bibit rempah dan membuat kombucha.

Kamu tertarik mengajak adik/ keponakan/ anak tercinta ke Kampung Warna Kolaborasi JAPFA di AEON MALL BSD CITY?
Banget
Boleh juga
56 votes

Komentar

Fresh