Buat Martabak Tipker Renyah Yuk! | OPINI.id

Jika kamu terbiasa menyantap martabak tebal, sekali-kali coba bikin kreasi martabak unik dan renyah alias martabak Tipker yuk. Makanan yang berbahan dasar tepung dan telur ini memiliki cita rasa manis dan asin. Sudah siap membuatnya sekarang?

Bahan untuk Kulit

200 g tepung terigu serbaguna 25 g gula pasir 1/2 sdt baking powder 325 ml santan kental, dari 1/2 butir kelapa parut 2 kuning telur ayam 4 sdm air 1/2 sdt soda kue 1/4 sdt garam mentega, untuk mengoles

Cara membuat:

1. Kulit: Aduk rata tepung, gula dan baking powder. Tuang santan sambil diaduk hingga rata. Tutup dengan kain lembap. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Sisihkan. 2. Kocok rata kuning telur, air, soda kue dan garam. Masukkan ke dalam adonan tepung sambil diaduk perlahan hingga merata. 3. Panaskan wajan martabak berdiameter 22cm di atas api kecil hingga benar-benar panas. Olesi dengan sedikit margarin. Tuang 1 sendok sayur (kurang lebih 100 ml) adonan kulit. Ratakan hingga sekeliling dinding wajan. 4. Masak hingga adonan berpori atau setengah matang. Keruk permukaannya menggunakan sutil hingga tipis merata. 5. Taburi permukaannya dengan cokelat tabur, keju, kacang tanah dan susu kental manis. Angkat. 6. Taruh martabak di atas talenan, belah dua bagian, lipat. Potong-potong. Ulangi proses yang sama pada sisa bahan. Sajikan hangat.

Tips:

- Untuk membuat martabak tipis yang kering dan renyah, gunakan wajan khusus martabak manis. Jika tidak ada, gunakan wajan datar anti lengket, pilih yang bagian bawahnya tebal. Wajan anti lengket beralas tipis akan membuat adonan martabak cepat gosong, tapi tidak kering. - Jangan terlalu lama saat meratakan adonan di atas wajan, sebab adonan martabak cepat mengental dan mengering saat terkena panas. - Untuk variasi rasa, santan bisa diganti dengan susu cair dengan jumlah yang sama.

Tertarik untuk mencoba membuatnya?
Banget
Engga ah
34 votes

Komentar

Fresh