Anak Bangsa Bikin Bangga | OPINI.id

Diam-diam, banyak sekali anak bangsa yang berprestasi di bidang teknologi lho.

Duh Bangganya! Inilah Penemuan Inovatif Karya Anak Bangsa

Indonesia terkadang dianggap ketinggalan dalam bidang teknologi oleh Jepang. Tapi nyatanya, banyak penemuan inovatif karya anak bangsa yang patut diacungi jempol, mengapa?

Itu karena karya dan penemuan inovatifnya sangat mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. Berbagai penemuan cerdas ini adalah hasil riset dari otak-otak mereka yang cemerlang.

Lemari Es Tanpa Listrik

Ini adalah sebuah inovasi baru karya siswa SD Al-Azhar 14 Semarang. Arya Nardhana Syariendrar dan Sanika Putra Ramadhan berhasil menemukan lemari es tanpa listrik yang berhasil boyong medali perunggu di ajang World Creativity Festival di Korea Selatan.

Siswa SMK 8 Bandung Buat Alat Pengaman Motor Canggih

Sebanyak 7 orang siswa SMK 8 Bandung berhasil menciptakan alat pengaman kendaraan bermotor menggunakan sidik jari.

Mereka sukses membuat alat ini berdasarkan pengembangan dari sistem keamanan sebelumnya yang berbasis android, remote dan password.

Alat Deteksi Sakit Jantung

Inovasi selanjutnya berupa alat pendeteksi dini penyakit jantung yang dikembangkan oleh tiga mahasiswa jurusan teknik elektro ITB, Rhandy Adhitya, Arrozaq dan Hamdan.

Alat yang sederhana namun sangat bermanfaat bagi bidang kesehatan ini mulai dikembangkan sejak Januari 2015 lalu.

Lampu Seumur Hidup

Tiga jawara dari Universitas Brawijaya khususnya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sukses kembangan teknologi lampu yang mampu nyala seumur hidup hanya dengan memanfaatkan sumber energi dari Bakteri Bioluminescence.

Bakteri ini biasanya kerap menempel pada tubuh cumi-cumi yang mampu memancarkan cahaya berwarna biru dan mampu menghasilkan indukan baru dari bakteri yang sudah mati. Hal inilah yang dijadikan bahan untuk membuat lampu menyala seumur hidup.

Wow, Robot Indonesia Tumbangkan China dan Israel

Selain jago membuat terobosan, anak bangsa Indonesia juga mampu membuat robot keren loh guys. Buktinya, dua dari tiga Tim Robotika Universitas Muhammdiyah Malang (UMM) yang dikirim sebagai wakil Indonesia ke kontes robot Trinity College Fire Fighting di Amerika Serikat berhasil juara.

Mereka menang setelah bersaing dengan finalis perwakilan dari beberapa negara seperti Kanada,China,Israel,Portugal,Uni Emirat Arab (UAE), As, dan Indonesia. Setelah mendapatkan kesempatan trial, Tim Robotika UMM sudah kantongi nilai tinggi.

Tim Robotika UMM mengirimkan tiga robot, yakni Tim InaMuh dan Tim Unmuh Malang untuk divisi robot berkaki, dan Tim DomeMuh untuk divisi robot beroda. Dari ketiga tim tersebut, UMM meraih dua gelar sekaligus, yakni juara I dari tim InaMuh untuk divisi robot berkaki dan peringkat II dari tim Unmuh Malang untuk divisi robot berkaki juga. Selain menggenggam dua gelar juara, Tim Robotika UMM juga meraih gelar juara poster terbaik untuk tim InaMuh divisi robot berkaki

Tim Robot Indonesia di Kancah Dunia

Bukan hal yang baru lagi kalau Indonesia punya anak bangsa yang seringkali mengharumkan nama bangsa di bidang teknologi dan inovasi. Seperti halnya dalam hal robot.

Ya, Tim Robot Indonesia berhasil menang di Amerika Serikat. Kontes Robot Trinity College Fire Fighting di Amerika jadi bukti kalau robot racikan anak bangsa itu mampu bersaing dengan robot racikan anak-anak dari negara lainnya. Berikut adalah kategori kemenangan tim robot Indonesia dalam kontes ini.

Lowest Individual Score Prize (LISP) PENS, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Firefighting Senior Division, Unique 1. PENS 2.Senior Effiro 3.Effiro Jr. Semuanya diboyong oleh robot rakitan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Indonesia) Dan untuk Firefighting Walking Division,Unique juga diboyong oleh Indonesia guys. Congratulation for you.

Tim PENS Berhasil Raih Nilai Tertinggi

Salut, EILERO dan EFFIRO mampu borong Juara dalam ajang Fire Fighting Robot Contest di Amerika Serikat. Tim Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Politenik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional, kali ini dalam ajang Fire Fighting International Robot Competition 2017 di Trinity College Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Gak tanggung-tanggung, keempat robot KRPAI baik dari divisi berkaki yaitu EILERO dan divisi beroda EFFIRO, sukses memboyong piala dari dua divisi yang diikuti. Terdapat empat kategori perlombaan pada ajang tahunan ini diantaranya Junior Division, High School Division, Senior Division dan Walking Division.

PENS mengirimkan empat robot yang terbagi dalam 3 robot di Fire Fighting Robots Senior Division dan 1 robot di Fire Fighting Robots Walking Division. Tim KRPAI Beroda diwakili oleh Eko Henfri Binugroho dan Rahardhita Widyatra Sudibyo selaku dosen pembimbing bersama 4 orang mahasiswa yakni Mohamad Alvin Bakhru, Anas Abdullah Zaini, o M. Zainur Rofit dan Kisron.

Sedangkan pada tim KRPAI Berkaki diwakili oleh Aditya Darmawan selaku dosen pembimbing dan 5 orang mahasiswa yakni Rizky Choirul Huda, Abdul Lathif, Andre Faqih Ilham Suparman, Giffar Aji Prasetyo dan Zikri Nasution.

Komentar (1)

Fresh