Kasihan! Mecin, Anak yang Ditirikan | OPINI.id

Mecin atau yang biasa disebut dengan MSG. Banyak yang membenci mecin, karena omongan orang-orang yang menyalahkan kalau mecin bisa membuat kamu menjadi bodoh. Namun, banyak juga yang menyukai mecin, selain karena rasanya yang gurih dapat menyedapkan masakan. Mecin juga membuat orang-orang menjadi semakin gemar makan.

Mecin Mengandung Glutamat

Glutamat adalah asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh karena perannya dalam membentuk protein. Fungsi glutamat juga membantu pengiriman sinyal-sinyal dalam otak, dan membantu fokus ingatan, serta konsentrasi. Walaupun glutamat dari mecin itu tidak alami seperti dalam tomat dan jamur. Tapi, kamu tenang saja karena tubuh kita sebenarnya tak bisa membedakan yang mana glutamat alami dan yang mana MSG lho!

Batas Aman MSG

Batas maksimal konsumsi MSG yang direkomendasikan WHO adalah 6 gram per hari. Sementara, Menkes RI merekomendasikan batas aman MSG hanya sebanyak 5 gram. Tahu gak kamu? Faktanya rata-rata orang Indonesia hanya mengkonsumsi 0,65 gram MSG setiap harinya! Sangat sedikit dibandingkan batas maksimal 5 atau 6 gram tersebut, bukan?

Mecin Punya Manfaat

Seperti yang dilansir dari Liputan6 pada tahun 2013. Bahwa rumah sakit akan menggantikan garam dalam makanan mereka dengan monosodium glutamat. Alasannya, MSG mengandung lebih sedikit natrium dibandingkan garam dapur biasa, sehingga menjadikan mecin sebagai penyedap rasa yang lebih aman untuk pasien pengidap 'hipertensi' atau yang harus menghindari garam dalam dietnya.

Salah Paham

Nyatanya, mecin gak bikin bodoh, buta, atau kerusakan jaringan otak kok. Ia hanya penyedap rasa yang sering kali disalah pahami saja. Mecin bisa bermanfaat kalau digunakan secukupnya dan tidak berlebihan. Karena segala sesuatu yang berelebihan tentu tidak akan baik, bukan?

Kamu lebih suka di tim yang mana?
Tim MECIN dong!!
Tim sehat ala tanpa mecin
1119 votes

Komentar

Fresh