Lindungi Diri Dari "Boraks dan Formalin" | OPINI.id

Tingginya kasus penggunaan bahan kimia berbahaya boraks dan formalin dalam makanan, membuat Mahasiswa Tim II KKN Undip berupaya dalam pemberian edukasi bagi warga desa mengenai bahaya boraks dan formalin, serta langkah-langkah untuk mengidentifikasinya.

Mahasiswa KKN Mengenalkan Tusuk Lidi "Sakti" Sebagai Alat untuk Melindungi Diri dari Bahaya Boraks dan Formalin pada Makanan

Pada hari minggu 29 juli 2018 mahasiwa KKN Undip Tim II di Desa Cukilan memperkenalkan tusuk lidi sakti sebagai alat pendeteksi kandungan boraks dan formalin pada makanan. Program ini dilaksanakan oleh Mochammad Dicky Zulkharisma dari Teknologi Pangan dan bertempat di Balai Desa Cukilan. Program ini di hadiri oleh Karang Taruna tingkat Desa. Program ini dilaksanakan menginggat bahaya boraks dan formalin yang digunakan dalam pembuatan dan tingginya keanekaragaman makanan di Desa Cukilan sehingga diperlukan adanya program ini guna menjamin kesehatan dari masyarakat Desa Cukilan. Program ini dimulai dengan sesi materi dan diskusi dua arah antara mahasiswa dan audiens. Kemudian dilanjutkan oleh peragaan secara langsung tentang apa saja bahan yang dibutuhkan, tahapan pembuatan dan cara penggunaan tusuk lidi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan dengan adanya program ini masyarakat desa cukilan bisa memiliki pengetahuan tentang dampak buruk dari boraks dan formalin dan mengetahui cara mengindentifikasi formalin dan boraks pada makanan.

Komentar

Fresh