Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga | OPINI.id

Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2018 Desa Suruh ajak masyarakat untuk sadari pentingnya perencanaan keuangan keluarga serta efektifitas dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah sebagai bentuk dari Rumah Pangan Lestari.

Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2018 Desa Suruh ajak masyarakat untuk sadari pentingnya perencanaan keuangan keluarga serta penerapan Rumah Pangan Lestari

Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata), mulai memasuki babak baru. Memasuki minggu ke-4, TIM II KKN Desa Suruh mulai melaksanakan kegiatan program kerja setelah masa survey berakhir. Sabtu, 04 Agustus 2018, kegiatan pelaksanaan program kerja dimulai dengan pemaparan materi mengenai Perencanaan Keuangan Keluarga, yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat desa dalam hal ini adalah ibu-ibu PKK Desa Suruh, mengenai pentingnya mengatur keuangan keluarga agar keuangan keluarga dapat berjalan se-efisien mungkin. Dilanjutkan dengan program Edukasi Kesadaran dan Pengetahuan mengenai POSKESDES (Pos Kesehatan Desa), yang dipaparkan kepada ibu-ibu PKK Desa Suruh. Bertempat di Balai Desa Suruh, kegiatan pemaparan program dimulai pukul 13.00 WIB yang berlangsung kondusif hingga pukul 15.00 WIB. Pemaparan materi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya peran POSKESDES dan manfaatnya di Desa. Pemaparan program selanjutnya, adalah mengenai Rumah Pangan Lestari (RPL), dengan pemanfaatan lahan secara vertikultur dan memanfaatkan sampah bekas air mineral untuk media tanamnya. Pemaparan materi diawali dengan memberikan edukasi mengenai pengertian RPL, manfaat serta tata cara pelaksanaannya. Berjalannya program ini, ditujukan agar masyarakat tau bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan baik dan efisien sehingga bisa menghasilkan keuntungan bagi keluarga itu sendiri. Pemaparan materi dilakukan dengan presentasi dengan menunjukkan alat praga berupa tanaman vertikultur yang telah disusun dalam media tanam, serta pembagian benih sayuran kepada peserta yang hadir serta diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh pemateri dengan peserta yang hadir.

Komentar

Fresh