Ciuman merupakan bentuk ekpresi rasa sayang pada pasangan. Tapi hati-hati, dilansir dari conditions healthgrove, berikut 5 penyakit yang bisa tertular melalui ciuman:

Influenza

Penyakit yang paling umum tertular saat berciuman adalah influenza. Virus penyebab influenza dapat menular melalui cairan maupun kontak langsung melalui hidung, tenggorokan, mulut, dan melalui udara. Gejalanya berupa demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri tubuh, dan kelelahan.

Viral Meningitis

Penyakit miningitis mudah menular melalui air liur saat berciuman atau oleh bersin dan batuk yang terhirup saat bernapas. Penyakit ini disebabkan oleh mikroorganisme, bakteri, virus dan jamur. Gejalanya berupa leher yang terasa kaku dan sakit saat disentuh, demam, dan sakit kepala.

Mononucleosis

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV) yang menyebar melalui air liur. Gejalanya sangat mirip dengan flu--menimbulkan demam, kelelahan, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Herpes

Herpes bisa menyebar melalui kontak langsung saat berciuman. Penyebabnya merupakan virus. Gejalanya akan timbul bulatan-bulatan kecil di bibir berisi cairan bening.

Pernah ketularan penyakit setelah berciuman?
Enggak
Pernah
1956 votes

Komentar (1)

Top Konten