Tips ‘Memperkenalkan Diri’ Saat Wawancar | OPINI.id

Saat mendapat panggilan kerja, tentu kamu harus menyiapkan diri, termasuk saat diminta untuk menceritakan diri kamu. Kedengarannya sederhana, tapi banyak juga yang gugup saat menceritakan diri dalam wawancara kerja. Supaya tidak gugup, coba simak beberapa tips berikut:

Perhatikan Tiga Hal Penting Ini

Kathryn Minshew, CEO situs pengembangan karier The Muse, memaparkan beberapa rahasia melewati situasi ini dengan sederhana.

Pertama

Ceritakan tentang pekerjaan yang kamu lakukan saat ini. Jika kamu sudah bekerja di perusahaan, kamu bisa menceritakan posisi saat ini dan pada perusahaan apa. Jabarkan tentang tugas dan tanggung jawabmu dalam pekerjaan tersebut. Jika kamu belum bekerja, ceritakan saja kegiatan postiapa yang sedang kamu lakukan saat ini.

Kedua

Ceritakan tentang pengalaman pekerjaan sebelumnya atau ceritakan keterlibatan kamu saat mengikuti kegiatan organisasi. Sama seperti poin pertama, kamu bisa menceritakan sedikit tentang apa yang kamu kerjakan dan yang paling penting adalah ceritakan keterampilan apa yang kamu dapatkan.

Ketiga

Dan yang terakhir adalah ceritakan mengapa kamu benar-benar tertarik untuk mendapatkan kesempatan di perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. Sebelumnya, jangan lupa katakan bahwa kamu menikmati apa yang kamu kerjakan saat ini. Lalu ceritakan alasanmu ingin bergabung di perusahaan baru tersebut, misalnya ingin mengembangkan kemampuan diri atau mencoba tantangan baru.

Penting

Usahakan untuk tetap fokus menceritakan tentang pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan perusahaan tersebut. Tujuannya adalah agar perekrut mempertimbangkan posisi untukmu dalam perusahaan itu. Foto cover: 123rf.com/imtmphoto

Kamu pernah mengalami gugup saat interview pekerjaan?
Enggak
Iya, gugup banget
393 votes

Komentar

Fresh