Deja Vu adalah perasaan dimana seseorang merasa dia sudah pernah mengalami kejadian yang dia alami. Ada yang bilang Deja Vu adalah kejadian mistis ataupun pengalaman di kehidupan sebelumnya. Tapi Deja Vu sebenarnya ada beberapa penjelasan ilmiahnya.

Sudah Pernah Mengalami

Yang paling sering terjadi adalah seseorang mengalami Deja Vu karena memang dia pernah mengalami kejadian yang sama sebelumnya. Hanya orang tersebut lupa.

Mata Dominan

Salah satu penjelasan lain adalah orang itu punya mata yang lebih dominan. Misalnya mata kanan orang ini menangkan informasi lebih cepat dari mata kirinya, informasi ditransfer ke otak dari mata kanan. Lalu informasi yang sama ditransfer lagi melalui mata kiri. Hal ini menyebabkan Deja Vu.

Kurang Tidur

Ingatan kita adalah sinyal-sinyal elektrik di saraf otak kita. Deja Vu bisa disebabkan sinyal-sinyal tersebut mengalami konflik sesaat. Kesalahan sinyal ini bisa disebabkan oleh otak yang terlalu lelah atau kurang tidur.

Mimpi

Deja Vu juga bisa disebabkan kamu sudah pernah melihat kejadian yang sama secara kebetulan di salah satu mimpi kamu. Walaupun kemungkinannya kecil, hal ini bisa saja terjadi.

Tidak Fokus

Mata dan otak kita sebenarnya merasakan/memperhatikan sekitar kita, ketika kita lagi fokus (main hape misalnya). Nah tapi perhatiannya samar dan ketika kamu kembali sadar terhadap sekitar kamu, kamu bisa merasakan kamu sudah mengetahui informasi ini / Deja Vu.

PERNAH MENGALAMI DEJA VU ?
Beberapa kali
Sering
Sangat jarang
Belum pernah
10803 votes

SUMBER

https://www.scientificamerican.com/article/can-you-experience-deja-vu-of-a-place-or-situation-you-ve-never-encountered/ https://www.cleveland.com/healthfit/index.ssf/2012/03/feeling_of_deja_vu_is_your_bra.html https://www.webmd.com/sleep-disorders/sleep-deprivation-effects-on-memory#1

Komentar (6)

Top Konten