Sekolah Pemimpin Muda Indonesia Dibuka | OPINI.id

Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP), program kursus singkat sekolah pemimpin muda resmi diluncurkan sejak tanggal 15 sampai 31 Agustus 2018. Inisiatof KBFP, Dimas Oky Nugroho menjelaskan kegiatan KBFP kembali hadir untuk memberikan peluang kepada anak muda Indonesia yang memiliki tekad kuat untuk membangun Indonesia melalui penguatan nilai-nilai kepemimpinan dan penguatan jaringan.

KBFP ini adalah kawah candradimuka calon pemimpin bangsa yang terdiri dari berbagai latar belakang etnis, agama dan profesi.

"Kami fokus mengembangkan para pemimpin muda diberbagai sektor sekaligus penguatan jaringan," ujarnya, baru-baru ini. Dimas juga menambahkan, sejak penyelenggaraan pertamanya, KBFP selalu hadir memberikan kontribusi nyata, terutama dalam pembangunan nilai kepemimpinan dan kebangsaan pemimpin muda seluruh Indonesia. "Dari Aceh hingga Papua, kita berikan wadah yang pasti. KBFP menawarkan sinergi terstruktur dan berkelanjutan guna memperkuat narasi kebangsaan, demokrasi, dan kesejahteraan sosial di era digital seperti sekarang," ujar pria yang juga berprofesi sebagai pengamat politik tersebut. Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, pada program ke delapan kali ini, pihak panitia KBFP secara khusus menargetkan calon-calon peserta yang berlatar calon legislatif anak muda dari seluruh Indonesia. Ketua Panitia KBFP VIII, Irfan Latifullah menjelaskan bahwa tema dari KBFP kali ini adalah "Penguatan Kapasitas dan Integritas Politisi Muda dalam Memperkuat Kebangsaan, Demokrasi dan kesejahteraan Sosial di Era Digital". "Kita buat program yang mendukung caleg-caleg muda di Indonesia untuk mengisi kapasitasnya sebelum mewakili masyarakat di daerahnya, KBFP hadir untuk menciptakan calon wakil rakyat yang mempu berbicara dan memiliki kecakapan dalam hal nasionalisme, kewarganegaraan, kebudayaan, kepemimpinan, public speaking, hingga personal branding," ujar Irfan. Adapun kriteria peserta, Irfan menjelaskan bahwa peserta yang bisa mengikuti KBFP kali ini adalah pemuda berusia 21-35 tahun, resmi terdaftar sebagai calon legislatif baik di tingkat DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, atau pusat, belum pernah mengikuti kegiatan KBFP sebelumnya dan mengisi formulir pendaftaran di kader-bangsa.org . Pendaftaran KBFP 8 ini dibuka pada 15 sampai 31 Agustus dan dilaksanakan pada 1 hingga 5 Oktober 2018.

Komentar (1)

Fresh