Bukti Mahalnya Ongkos Persahabatan! | OPINI.id

Adakah yang merasa kalau biaya menjaga pertemanan itu terkadang mahal? Ini buktinya.

Jahit Seragam Bridesmaid (Pagar ayu)

Kayaknya udah lumrah, khususnya dikalangan kaum perempuan. Calon pengantin biasanya memberikan bahan mentah seragam bridesmaid bagi para teman-teman dekatnya agar bisa kompak di acara pernikahan. Harga untuk menjahitnya pun bervariasi, mulai dari Rp 300 ribu, bahkan ada yang sampai jutaan. Tergantung kantong masing-masing. Sampai-sampai ada yang memaksakan diri.

Bridal Shower

Lagi dan lagi patungan untuk menyiapkan kejutan bagi sang calon pengantin. Mulai dari dekorasi, booking tempat sampai-sampai kado buat sang calon pengantin. Kira-kira, kamu wajib merogoh kroscek sekitar Rp 300.000-an deh.

Traktiran Ulang Tahun

Sepertinya hanya di Indonesia yang berulangtahun justru mengeluarkan uang untuk mentraktir teman-temannya. Padahal seharusnya, kitalah yang mengeluarkan uang untuk mentraktir teman kita yang sedang berulangtahun.

Traktiran Gaji Pertama

Udah jadi kebiasaan, kalau ada teman yang baru pertama kali kerja wajib traktiran. Namanya sih, traktiran gaji pertama. Padahal, gaji juga gak seberapa, bahkan masih dibawah UMR.

Bahkan Resign Kerja Pun Kudu Traktir

Aneh bin ajaib, kita mau resign pun dalam persahabatan di Jabodetabek mungkin, wajib mentraktir teman. Padahal sudah jelas, kita bakal jadi pengangguran, hehehe. #lol.

Kamu setuju gak kalau biaya pertemanan di sini itu mahal?
Setuju
Gak setuju
1176 votes

Komentar

Fresh